Pasar Crypto Lesu, Tapi Ekosistem Stablecoin Tetap Bertahan?

Pasar Crypto Lesu, Tapi Ekosistem Stablecoin Tetap Bertahan?

Ekonomi stablecoin telah menunjukkan aktivitas yang kurang menggembirakan selama 30 hari terakhir, dengan fluktuasi yang hanya sedikit di atas atau di bawah kisaran $124 miliar. Dalam 24 jam terakhir, volume perdagangan global untuk token yang diikat dengan fiat dan komoditas mencapai $11,55 miliar. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Ketahanan Pasar Stablecoin di Tengah Stagnasi Volume dan Penebusan

top 5 pasar stablecoin
5 stablecoin teratas berdasarkan valuasi pasar pada tanggal 17 September 2023. Sumber: CoinGecko

Pada 17 September 2023, Coingecko melaporkan bahwa total nilai semua token stablecoin adalah $123,86 miliar. Tether (USDT), stablecoin dengan kapitalisasi pasar terbesar, menduduki posisi teratas dengan $83 miliar. Pasokan USDT meningkat 0,8% selama sebulan terakhir.

Pasokan DAI menurun 1,1% dibandingkan 30 hari yang lalu, dengan kapitalisasi pasar saat ini sekitar $3,84 miliar. Sementara itu, pasokan TUSD meningkat pesat, menunjukkan kenaikan 12,9% selama sebulan, dengan kapitalisasi pasar sekitar $3,1 miliar.

Binance USD (BUSD) mengalami penurunan pasokan yang signifikan sebesar 23,8% selama periode yang sama, jatuh di bawah tanda $3 miliar. Dengan kapitalisasi pasar $2,49 miliar, BUSD saat ini merupakan token stabil kelima terbesar berdasarkan valuasi.

Baca Juga: Menyelesaikan Volume Transaksi $6,87 Triliun, Stablecoin Menyalip PayPal dan MasterCard

Performa Lainnya dari Token-token Stablecoin

BUSD diikuti oleh USDD milik Tron, yang meningkat 0,7% menjadi $724 juta. FRAX, stablecoin dari Frax, mengalami penurunan pasokan sebesar 16,5% dalam 30 hari terakhir, dengan kapitalisasi pasar saat ini sekitar $669 juta.

Pax Dollar (USDP) mengalami penurunan sebesar 2,4% dalam sebulan terakhir, dengan kapitalisasi pasar sekitar $492 juta. FDUSD menunjukkan pertumbuhan paling signifikan, naik 52,7% selama periode 30 hari. Kapitalisasi pasar FDUSD saat ini adalah $393 juta.

Liquity USD (LUSD) mengalami penurunan pasokan sebesar 1,8% selama 30 hari terakhir dan saat ini memiliki kapitalisasi pasar sekitar $280 juta.

Dalam beberapa bulan terakhir, stablecoin telah mengalami penebusan signifikan dan volume perdagangan yang lebih rendah. Namun, saat ini, penebusan (kecuali untuk BUSD) telah melambat, dan valuasi pasar token yang diikat dengan fiat telah stabil. Volume perdagangan stablecoin hari ini sekitar $11,55 miliar, mencakup 54,07% dari total volume perdagangan harian di seluruh ekonomi crypto, mencerminkan stabilitas ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: