Pasar Keuangan dan Crypto Menanti Keputusan The Fed, Apa yang Akan Terjadi?

Pasar Keuangan dan Crypto Menanti Keputusan The Fed, Apa yang Akan Terjadi?

Pasar keuangan global dan crypto berada di ambang ketidakpastian menjelang pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC). Dengan data inflasi yang menunjukkan tanda-tanda penurunan, pelaku pasar menantikan keputusan terbaru dari The Fed. Apakah ini akan menjadi titik balik bagi pasar crypto untuk kembali bergerak dinamis?

Stabilitas Suku Bunga, Apakah Akan Berlanjut?

Data terbaru dari Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan bahwa Indeks Harga Produsen (PPI) naik sebesar 0,9% dalam basis tahunan pada bulan November. Angka ini sedikit di bawah perkiraan ekonom yang diwawancarai oleh Reuters.

Secara bulanan, PPI tidak mengalami perubahan, berbeda dengan perkiraan kenaikan sebesar 0,1%. Laporan ini menambah keyakinan bahwa suku bunga telah mencapai puncaknya. Pasar uang hampir sepenuhnya memperkirakan The Fed akan mempertahankan suku bunga pada level saat ini yaitu 5,25% hingga 5,50%.

Pelaku pasar juga mulai memperkirakan kemungkinan pemotongan suku bunga pada tahun depan, dengan peluang sekitar 78% untuk pemotongan setidaknya 25 basis poin pada Mei 2024.

Baca Juga: Inflasi AS Melambat 3,1%, Apakah Aset Crypto Akan Bangkit?

Apa yang Diharapkan Pasar Crypto Setelah Keputusan FOMC?

Hasil FOMC
Sumber: Medium

Semua mata tertuju pada keputusan suku bunga The Fed yang akan diumumkan pada akhir pertemuan dua hari mereka. Komentar dari Ketua The Fed, Jerome Powell, setelah pengumuman kebijakan dan rilis “dot plot” sangat dinantikan untuk melihat arah kebijakan moneter ke depan.

Jim Smigiel, kepala petugas investasi di SEI Investments, menyatakan bahwa tidak diharapkan The Fed akan langsung beralih dari sikap pengetatan ke pelonggaran. Menurutnya, akan ada beberapa pertemuan di mana Powell akan menyampaikan pesan bahwa mereka kini bersikap netral, yang belum terlihat saat ini.

Baca Juga: 5 Token Layer-2 yang Akan Naik 2024, Arbitrum (ARB) Salah Satunya?

Wall Street Menguat, Saham dan Crypto Menanti Hasil Fed

Indeks utama Wall Street mengalami kenaikan setelah data inflasi menunjukkan penurunan. Dow Jones Industrial Average naik 18,73 poin, atau 0,05%, menjadi 36.596,67. S&P 500 naik 7,40 poin, atau 0,16%, menjadi 4.651,10, dan Nasdaq Composite naik 20,62 poin, atau 0,14%, menjadi 14.554,02.

Sementara itu, saham Pfizer turun 9,6% ke titik terendah dalam 10 tahun, setelah perusahaan farmasi tersebut memperkirakan pendapatan tahun 2024 di bawah ekspektasi Wall Street. Di sisi lain, sektor kesehatan secara keseluruhan mengalami kenaikan 0,4%, didorong oleh kenaikan 9,7% pada Vertex Pharmaceuticals setelah pengobatan nyeri saraf mereka berhasil dalam uji coba tahap menengah.

Dengan keputusan The Fed yang akan segera diumumkan, pasar keuangan dan crypto menunggu dengan penuh antisipasi. Keputusan ini tidak hanya akan mempengaruhi pasar saham, tetapi juga dinamika pasar crypto. Apakah momentum pasar crypto akan kembali setelah keputusan FOMC, hanya waktu yang akan menjawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: