Laporan Terbaru Sebut Pertumbuhan Pasar Dompet Crypto akan Mencapai $686 Juta di 2026!

author:

Laporan Terbaru Sebut Pertumbuhan Pasar Dompet Crypto akan Mencapai $686 Juta di 2026!

Sebuah laporan dari firma riset pasar Technavio memprediksi pertumbuhan pasar dompet crypto sebesar $686 juta hingga 2026. Dengan pertumbuhan eksponensial di sektor crypto, apa yang mendorong lonjakan ini?

Faktor-Faktor Pendorong Pertumbuhan Dompet Crypto

Sumber: Ollive

Technavio menilai bahwa ketidakstabilan di pasar keuangan selama pandemi COVID-19 telah mendorong pembuatan dompet digital. Vendor dompet yang disurvei termasuk Binance, Exodus, Gemini Trust, Trezor, dan Ledger.

Baca juga: Dompet Crypto Baru ‘Beam’ Hadir dengan Login Twitter, Gimana Cara Kerjanya?

Sementara itu, pembatasan pandemi mendorong penghasilan crypto dari bermain game berbasis blockchain seperti Axie Infinity. Hasilnya, wilayah seperti Filipina mengalami lonjakan dramatis dalam pembuatan dompet karena para pemain menumpuk untuk mendapatkan kesempatan menambah penghasilan yang ada.

Di sekitar periode yang sama, jumlah yang diinvestasikan orang India dalam mata uang crypto meningkat dari $923 juta menjadi $6,6 miliar.

Terlebih, pertumbuhan ini didorong oleh minat yang meningkat pada mata uang digital, yang menawarkan transfer bank yang lebih cepat dan murah, lonjakan dalam e-commerce, transaksi mata uang yang lebih tinggi di negara-negara berpenghasilan rendah, dan peningkatan remitansi internasional.

Selain itu, crypto, dengan pasokan yang terbatas yang ditentukan oleh algoritma matematika, berfungsi sebagai penyimpan nilai jangka panjang yang andal, membuatnya menarik bagi investor.

Geografi Pasar Dompet Crypto: Diperkirakan Meningkat $163, 43 Miliar

Hong Kong dan Asia Pasifik menyumbang pertumbuhan dompet tercepat | Sumber: Grand View Research

Pasar dompet crypto dikategorikan berdasarkan produk menjadi dompet berbasis perangkat lunak dan berbasis perangkat keras, dan berdasarkan geografi melintasi Amerika Utara, Eropa, APAC, Amerika Selatan, dan Timur Tengah serta Afrika.

Dengan pangsa 41%, Amerika Utara adalah pasar terbesar, diikuti oleh China, Inggris, Jerman, dan Swiss. Menurut sebuah studi Technavio, ukuran pasar dompet elektronik, yang mencakup mata uang digital non-crypto, diperkirakan akan meningkat sebesar $163,43 miliar pada tahun 2027.

Baca juga: Polygon Menguasai Asia & Integrasi Dompet Crypto MATIC – Harga $1 Bisa Jadi Kenyataan?

Kekhawatiran Regulasi Crypto

Meskipun crypto menawarkan banyak keuntungan, adopsi mata uang digital menghadapi tantangan karena ancaman keamanan dan penyalahgunaan. Banyak regulator mengungkapkan kekhawatiran tentang potensi penyalahgunaan mata uang digital untuk aktivitas ilegal.

Sifat yang tidak diatur dan desentralisasi dari pertukaran crypto memungkinkan pelaku kriminal untuk menyembunyikan transaksi keuangan mereka, meningkatkan kekhawatiran di antara pemerintah dan bisnis.

Dengan pertumbuhan yang diperkirakan mencapai $686 juta dalam lima tahun ke depan, pasar dompet crypto menunjukkan potensi yang luar biasa. Namun, dengan potensi tersebut datang tantangan dan kekhawatiran regulasi yang harus diatasi untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan aman.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: