Pasar DeFi Bangkit Kembali ke $50 Miliar Saat Spekulator Berburu Hasil

Pasar DeFi Bangkit Kembali ke $50 Miliar Saat Spekulator Berburu Hasil

Pasar keuangan terdesentralisasi (DeFi) telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa minggu terakhir, dengan total nilai terkunci (TVL) mencapai $50 miliar untuk pertama kalinya dalam 6 bulan. Kenaikan ini didorong oleh peningkatan harga aset crypto yang mendasarinya dan minat investor untuk mendapatkan hasil dari kepemilikan crypto mereka.

Peningkatan Nilai Terkunci (TVL) DeFi

Peningkatan Nilai Terkunci (TVL) DeFi
Bitcoin.com

TVL DeFi telah meningkat sebesar $15 miliar sejak 13 Oktober, ketika sektor tersebut berada pada titik terendah dalam beberapa tahun. Peningkatan ini sebagian besar disebabkan oleh kenaikan harga ether (ETH), aset utama yang digunakan di pasar crypto DeFi. ETH telah meningkat sebesar 42% sejak 13 Oktober, melampaui pertumbuhan keseluruhan pasar DeFi sebesar 41%.

Baca Juga: XRP Melonjak: Analis Prediksi Harga Tembus $200

Selain ETH, peningkatan TVL DeFi juga didorong oleh minat investor crypto terhadap protokol berbasis Solana. Protokol-protokol seperti marginfi, Jito, dan Marinade Finance telah mengalami peningkatan TVL antara 60% dan 120% dalam 30 hari terakhir. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya minat institusional terhadap Solana, yang tercermin dari premium 869% pada Solana Trust milik Grayscale bulan lalu.

Pencarian Hasil

Salah satu faktor utama yang mendorong peningkatan TVL DeFi adalah pencarian hasil oleh investor. Banyak investor mencari cara untuk mendapatkan hasil dari kepemilikan crypto mereka, dan DeFi menawarkan berbagai peluang untuk melakukannya.

Misalnya, investor dapat meminjamkan aset crypto mereka melalui platform DeFi dan mendapatkan bunga, atau mereka dapat berpartisipasi dalam kumpulan likuiditas dan mendapatkan biaya perdagangan.

Salah satu contoh terbaru dari pencarian hasil ini adalah peluncuran Blast, sebuah proyek layer 2 baru yang akan diluncurkan tahun depan. Blast menerima lebih dari $700 juta dalam bentuk deposit dari trader dan investor, meskipun aset tersebut tidak dapat ditarik hingga setidaknya Maret.

Pertumbuhan Volume Transaksional

Selain peningkatan TVL, pasar DeFi juga mengalami peningkatan volume transaksional. Pada bulan lalu, lebih dari $5,4 miliar berpindah tangan dalam satu hari, yang merupakan jumlah tertinggi sejak Maret. Peningkatan volume transaksional ini menunjukkan bahwa aktivitas perdagangan di pasar DeFi semakin meningkat.

Baca Juga: Trump Berubah Pikiran Tentang Bitcoin, Bagaimana Dampaknya pada Pemilu?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi