Musim Altcoin Menghilang! Pasar Crypto Tanpa Musim Altcoin Selama 2 Tahun!

Musim Altcoin Menghilang! Pasar Crypto Tanpa Musim Altcoin Selama 2 Tahun!

Berdasarkan data, ekosistem crypto telah mengalami periode terpanjang tanpa adanya altcoin season.

Hingga saat ini, sudah lebih dari 2 tahun tanpa musim altcoin, dan belum ada tanda-tanda yang menunjukkan adanya altcoin season yang akan datang.

Pasar Crypto Berada dalam ‘Bitcoin Season

Baru-baru ini, media sosial dan forum terkait crypto ramai dengan diskusi tentang “altcoin season” dan durasi yang belum pernah terjadi sebelumnya tanpa adanya musim tersebut.

Baca Juga: Munculnya Sinyal Mengejutkan: Altcoin Season Siap Memulai Gebrakan!

Pada dasarnya, altcoin season adalah periode di pasar crypto ketika harga crypto alternatif, yang dikenal sebagai altcoin, melonjak dibandingkan dengan Bitcoin (BTC) selama beberapa minggu atau bulan.

Indeks Musim Altcoin, yang tersedia di blockchaincenter.net, mencatat bahwa jika 75% dari 50 koin teratas berkinerja lebih baik daripada Bitcoin selama musim terakhir (90 hari), itu dianggap sebagai “altcoin season“.

Penyebab Melesunya ‘Altcoin Season

Penyebab Melesunya 'Altcoin Season'
blockchaincenter.net

Indeks tersebut saat ini menunjukkan bahwa kita berada dalam “Bitcoin season,” keadaan yang telah berlangsung sejak setidaknya Mei 2021.

Beberapa pengamat pasar percaya bahwa altcoin season mungkin telah terjadi dari akhir 2020 hingga November 2021. Namun, sejauh ini sudah sekitar 2 tahun sejak altcoin season terakhir.

Pada saat pers, ekonomi kripto dinilai sebesar $1.19 triliun, dengan Bitcoin (BTC) menyumbang 49.9% dari nilai tersebut dan ethereum (ETH) mencakup 19%.

Data dari cryptobubbles.net menunjukkan bahwa banyak altcoin telah melihat kenaikan yang signifikan selama 24 jam terakhir, dan metrik 30 hari menyoroti beberapa pemimpin.

Baca Juga: Pasar Crypto Menanti Lebih Dari 2 Tahun, Kapan Alt Season Berikutnya?

Compound (COMP) telah naik 153% dalam sebulan terakhir, sedangkan Bitcoin Cash (BCH) telah melonjak 163% lebih tinggi terhadap dolar AS. FTT dari FTX telah meningkat 77% dalam 30 hari, dan PEPE telah naik 63%.

Walaupun sejumlah besar token telah melampaui Bitcoin (BTC) selama sebulan terakhir, ini tidak memicu tanda-tanda musim altcoin yang akan datang, di mana crypto alternatif akan berkinerja lebih baik daripada pemimpin pasar.

Salah satu halangan potensial untuk musim altcoin adalah tindakan keras terbaru terhadap industri crypto oleh Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) dan regulator AS lainnya.

Hingga saat ini, SEC telah mengklasifikasikan lebih dari 12 crypto alternatif sebagai sekuritas yang tidak terdaftar.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: