Pasar Crypto Tunjukkan Sinyal Rebound, Kapitalisasi Pasar Crypto Sentuh $2,43 Triliun!

author:

Pasar Crypto Tunjukkan Sinyal Rebound, Kapitalisasi Pasar Crypto Sentuh $2,43 Triliun!

Jakarta, Pintu News – Pasar kripto menunjukkan tanda-tanda pemulihan karena kapitalisasi pasar global meningkat dari $2,21 triliun selama kehancuran kripto menjadi $2,43 triliun hari ini.

Pedagang dan investor mengambil kesempatan “beli saat turun” tetapi tetap berhati-hati karena meningkatnya volatilitas dan ketidakpastian dalam menanggapi halving Bitcoin dan ketegangan Iran-Israel.

Harga Bitcoin, Ethereum, dan Altcoin Lainnya Rebound

Menurut laporan Coingape, harga BTC tercatat melampaui $66.500 menyaksikan pergerakan naik lebih dari 4% pada hari Senin (15/4/24).

Baca juga: 7 New Crypto Coins 2024 yang Potensial untuk Melonjak!

Meski begitu, Bitcoin masih diperdagangkan di bawah tekanan karena volume perdagangan yang rendah dan tidak banyak pembelian oleh whale.

Sementara itu, data CoinGlass mengungkapkan bahwa suku bunga Margin USDT di Binance bahkan telah mencapai titik terendah baru sejak Oktober tahun lalu.

Sumber: CoinGlass

Di sisi lain, harga Ethereum juga telah rebound lebih tinggi, menyaksikan lonjakan harga hampir 7%. Harga saat ini diperdagangkan pada $3.257, dengan tertinggi 24 jam di $3.267. Namun, volume perdagangan turun 35%.

Kenaikan harga Bitcoin dan Ethereum baru-baru ini dikaitkan dengan persetujuan Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) atas aplikasi spot Bitcoin ETF dan spot Ethereum ETF.

Altcoin lain, seperti Solana (SOL), XRP, Cardano (ADA), Dogecoin (DOGE), Shiba Inu (SHIB), dan yang lainnya juga mengalami kenaikan yang lebih tinggi, dengan kenaikan sebesar 5-10% dalam 24 jam terakhir.

Leverage Altcoin telah benar-benar musnah dan tingkat pendanaan menjadi negatif.

Whale Enggan Membeli Bitcoin

Meskipun beberapa altcoin menyaksikan akumulasi whale, Bitcoin belum melihat pembelian dari whale.

Sesuai dengan on-chain oleh IntoTheBlock, konsentrasi pemegang besar sekarang hanya 11%. Ini termasuk alamat yang memiliki 0,1% hingga 1% dari suplai Bitcoin yang beredar. Dengan demikian, pemulihan pasar kripto belum dapat dipastikan.

Sumber: CryptoQuant

Selain itu, analis CryptoQuant mengungkapkan bahwa harga BTC berada di atas harga realisasi whale pemegang jangka pendek (STH). Hal ini mengindikasikan permintaan yang kuat untuk Bitcoin, sekaligus menyoroti keuntungan yang lebih besar dari investasi jangka panjang.

Baca juga: Bitcoin dan Ethereum Mengalami Penurunan Arus Masuk Hingga $126 Juta!

Apa yang Menyebabkan Pemulihan Pasar Kripto?

Mengutip laporan Coingape, pembelian sebenarnya berasal dari pedagang derivatif, sesuai dengan data CoinGlass.

Total minat terbuka BTC berjangka meningkat lebih dari 3% dalam 24 jam terakhir dan total minat terbuka ETH berjangka tumbuh lebih dari 4%. CME Bitcoin Futures OI melonjak 4%.

Sementara itu, indeks dolar AS (DXY) telah naik di atas 106,10, level tertinggi sejak Oktober, dan imbal hasil Treasury 10-tahun AS melonjak ke level tertinggi 6 bulan di 4,6.

Karena Bitcoin bergerak berlawanan dengan DXY dan imbal hasil Treasury, tekanan masih terus meningkat.

Secara keseluruhan, jika tren saat ini terus berlanjut, pasar crypto mungkin akan mengalami pemulihan penuh lebih cepat dari yang diperkirakan.

Namun, masih penting untuk tetap berhati-hati. Analis menyarankan agar investor terus memantau berbagai indikator dan berita pasar untuk mengambil keputusan investasi yang tepat berdasarkan data terkini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: