Heboh! Pasar Crypto Kehilangan Lebih dari $500 Juta dalam Hitungan Jam, Kenapa?

author:

Heboh! Pasar Crypto Kehilangan Lebih dari $500 Juta dalam Hitungan Jam, Kenapa?

Dalam sebuah peristiwa yang mengejutkan dunia crypto, lebih dari $500 juta lenyap dari pasar crypto hanya dalam waktu empat jam, menurut data dari CoinGlass. Kejadian ini terjadi setelah Bitcoin mengalami penurunan nilai yang signifikan pada 4 januari 2024, yang dipicu oleh kekhawatiran akan penolakan ETF Bitcoin Spot oleh SEC.

Penurunan harga Bitcoin hingga 9% dalam 24 jam terakhir (4/1/24) telah mengguncang pilar pasar crypto dan menimbulkan gelombang kepanikan di kalangan investor.

Keriuhan di Pasar Crypto

Menjelang batas waktu 10 Januari 2024 yang ditetapkan oleh SEC untuk memutuskan nasib ETF Bitcoin Spot, pasar crypto dipenuhi dengan spekulasi dan harapan. Laporan dari firma keuangan Matrixport yang memprediksi penolakan massal terhadap aplikasi ETF Bitcoin menambah ketidakpastian di pasar. Simak selengkapnya di Gempar! Matrixport Memprediksi ETF Bitcoin Spot akan Ditolak SEC, Apa Dampaknya?

Sentimen negatif ini segera berubah menjadi aksi pasar, dengan harga Bitcoin yang anjlok dan memicu efek domino likuidasi di berbagai platform crypto. Laporan Matrixport yang pesimis dan kemungkinan penolakan oleh SEC telah membuat nilai Bitcoin terjun bebas.

Akibatnya, lebih dari setengah miliar dolar menguap dari pasar dalam beberapa jam saja. Likuidasi cepat ini tidak hanya menghapus keuntungan yang tercapai sejak awal tahun baru, tetapi juga menimbulkan pertanyaan serius tentang stabilitas pasar dan masa depan ETF Bitcoin.

Dampak Spekulasi ETF

Seminggu yang lalu, komunitas crypto dihebohkan oleh laporan Reuters yang menyebutkan bahwa persetujuan ETF Bitcoin mungkin akan terjadi “Selasa atau Rabu”. Namun, harapan tersebut surut setelah analisis Matrixport menunjukkan bahwa aplikasi ETF tidak memenuhi persyaratan kritis dari SEC. Analisis ini, yang kini terlihat sebagai peringatan dini, telah memainkan peran penting dalam kekacauan pasar saat ini.

Baca juga: Kabar Gembira bagi Investor Crypto: SEC Bisa Beri Lampu Hijau untuk ETF Bitcoin di Januari 2024!

Kejadian likuidasi terbaru di pasar crypto menjadi pengingat akan volatilitas dan ketidakpastian yang melekat di ruang ini. Antisipasi terhadap keputusan SEC tentang ETF Bitcoin terbukti memiliki potensi gangguan pasar yang signifikan.

Sementara komunitas crypto menunggu keputusan SEC, peristiwa 24 jam terakhir ini pasti akan tetap di ingatan para investor, sebagai kisah peringatan tentang risiko dan imbalan yang ada di dunia crypto yang dinamis.

Secara keseluruhan, pasar crypto kembali menunjukkan sifatnya yang tidak terduga dengan hilangnya $500 juta lebih dalam waktu singkat. Kejadian ini mengingatkan kamu akan pentingnya kehati-hatian dalam berinvestasi di crypto.

Dengan mata yang tertuju pada keputusan SEC selanjutnya, para pelaku pasar harus siap menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi di dunia crypto yang penuh gejolak ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: