Wih! Ketahanan Pasar Bitcoin Menunjukkan Kenaikan 156% Sejak Awal Tahun 2023

author:

Wih! Ketahanan Pasar Bitcoin Menunjukkan Kenaikan 156% Sejak Awal Tahun 2023

Dilansir dari Crypto News (15/12/23), pasar crypto mengalami lonjakan signifikan dengan kenaikan aset yang dikelola (AUM) sebesar 150% dan ketahanan pasar Bitcoin yang menonjol. Laporan terbaru dari CCData untuk kuartal keempat tahun 2023 menunjukkan sentimen pasar yang kuat, dominasi Bitcoin (BTC), serta optimisme tinggi terhadap peluncuran ETF BTC spot.

Bitcoin Mendominasi dengan Kenaikan 156% YTD

lonjakan bitcoin
Sumber: X

Melalui sebuah cuitan CCData pada 15 Desember 2023, Bitcoin menunjukkan ketahanan pasar yang luar biasa dengan kenaikan 156% sejak awal tahun hingga saat ini. Kinerja mata uang crypto ini berhasil mengungguli aset tradisional seperti S&P 500, NASDAQ, dan emas.

Baca juga: Ekosistem Bitcoin Bangkit dengan Inovasi Memecoin dan Protokol Baru!

Kenaikan harga Bitcoin ini didorong oleh peningkatan fundamental pasca periode bearish di tahun 2022, di mana nilai aset ini sempat terjun lebih dari 55%. Pada kuartal pertama, Bitcoin sudah menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan, namun kenaikan yang signifikan terjadi pada kuartal kedua dengan kembalinya kepercayaan institusional.

Puncaknya adalah ketika BlackRock dan perusahaan keuangan tradisional lainnya mengajukan aplikasi ETF, yang mendorong harga Bitcoin melonjak di atas $31.000 sebelum mengalami koreksi dan kemudian naik di atas $40.000.

Optimisme ETF dan Dampak AUM

Meskipun SEC belum menyetujui aplikasi ETF BTC spot karena kekhawatiran manipulasi pasar, antusiasme pasar tetap tinggi. Perusahaan-perusahaan terus merevisi pengajuan mereka, dan para ahli memproyeksikan persetujuan yang akan datang.

Pada 15 Desember 2023, Bitcoin diperdagangkan pada $42.900 dan telah melonjak 19% dalam sebulan terakhir, terutama didorong oleh optimisme ETF yang berkelanjutan. Peningkatan AUM juga menjadi indikator penting dari sentimen bullish terhadap Bitcoin.

Tahun ini, aliran masuk ke produk Bitcoin telah melampaui $1,7 miliar, sementara total AUM crypto mencapai lebih dari $44 miliar, meningkat 150%. Hal ini menunjukkan bahwa pasar crypto semakin diminati oleh investor institusional dan ritel.

Baca juga: Gary Gensler: SEC Meninjau kembali ETF Bitcoin Spot dengan Perspektif Baru!

Halving Bitcoin dan Proyeksi Masa Depan

Selain itu, peritiwa halving Bitcoin yang akan datang telah mengubah operasional para penambang, karena kenaikan harga membantu mereka menghapus kerugian sebelumnya dan meningkatkan efisiensi. Halving akan mengurangi laju penerbitan Bitcoin baru dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC setiap 10 menit, menambahkan lapisan kelangkaan pada aset digital terbesar ini.

Laporan tersebut juga menyoroti bahwa halving telah terbukti berkaitan dengan peningkatan harga di masa lalu. Dengan pasokan Bitcoin saat ini berada di 19,6 juta BTC, perubahan ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif lebih lanjut bagi harga Bitcoin di masa depan.

Dengan berbagai perkembangan positif yang terjadi di pasar crypto, termasuk kenaikan AUM dan ketahanan harga Bitcoin, investor memiliki alasan yang kuat untuk tetap optimis. Laporan terbaru ini menegaskan bahwa pasar crypto masih memiliki banyak potensi pertumbuhan, terutama dengan adanya prospek ETF BTC spot dan halving yang akan datang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: