Menjelang Bitcoin Halving Pasar Crypto Sempat Anjlok: Apa Penyebabnya?

Menjelang Bitcoin Halving Pasar Crypto Sempat Anjlok: Apa Penyebabnya?

Pasar crypto mengalami penurunan tajam baru-baru ini, dengan total kapitalisasi pasar turun sekitar 7,68% menjadi $2,27 triliun pada hari sebelumnya.

Bitcoin, mata uang crypto terbesar, saat ini diperdagangkan pada $69.348, sedangkan Ethereum, mata uang crypto terbesar kedua, diperdagangkan pada $3.527, turun 10,25% dalam tujuh hari terakhir.

Pasar Crypto: Kinerja dan Volatilitas

Pasar crypto menunjukkan volatilitas yang signifikan, dengan harga berfluktuasi secara tidak terduga. Saat ini, terjadi penurunan setelah Bitcoin melampaui titik tertinggi sepanjang masa beberapa kali bulan ini. Menurut pembaruan terbaru, indeks Fear and Greed berada di angka 79, menunjukkan keadaan greed yang ekstrem.

Baca Juga: Celestia: Blockchain Modular Masa Depan yang Skalabel

Penurunan kapitalisasi pasar crypto bertepatan dengan arus keluar satu hari terbesar yang pernah diamati dari Spot Bitcoin ETF. Penelitian Bitmex melaporkan bahwa Grayscale Bitcoin ETF mengalami arus keluar paling substansial, sebesar $642,5 juta, pada 18 Maret 2024. Sementara itu, Bitcoin ETF Fidelity mengalami arus masuk terendah di $5,9 juta.

Akibatnya, Spot Bitcoin ETF mengalami arus keluar bersih sebesar $154,3 juta. Penurunan aliran modal ke Bitcoin ETF terjadi menjelang pertemuan Federal Open Market Committee yang dijadwalkan kemarin.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penurunan Pasar Crypto

Penurunan ini merupakan bagian dari koreksi yang lebih luas yang dimulai pada 14 Maret 2024, bertepatan dengan puncak lokal sekitar $2,72 triliun. Pertama, sinyal divergensi bearish muncul sebelum koreksi, terbukti dari meningkatnya kapitalisasi pasar bersamaan dengan penurunan Relative Strength Index (RSI) harian, menunjukkan melemahnya kekuatan yang mendasari dalam pertumbuhan harga.

Penurunan harga mata uang crypto utama yang signifikan telah memicu banyak likuidasi di pasar derivatif, mengejutkan trader bullish dan mengakibatkan gelombang likuidasi posisi long.

Menurut data Coinglass, pasar crypto telah melihat lebih dari $161,52 juta dalam posisi dilikuidasi dengan posisi long menyumbang sekitar $70 juta dari total dalam 24 jam terakhir. Likuidasi posisi derivatif long dapat memberikan tekanan ke bawah pada harga aset, terutama jika tidak ada momentum pembelian yang cukup yang ditunjukkan oleh volume perdagangan.

Kesimpulan

Sebuah pilihan yang bijaksana untuk mengamati pasar crypto dengan hati-hati dengan lingkungan yang tidak pasti dan pemulihan situasi ekonomi makro yang lambat di dunia. Jangan membuat keputusan gegabah karena ini adalah waktu yang tepat untuk mengamati pasar dengan cermat dan menganalisanya.

Baca Juga: Poopcoin ($POOP) Meluncur di Base, Volume Perdagangan Capai $60 Juta dalam 10 Jam!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi