Pasar Crypto di Hari Natal: Tren Historis yang Mengejutkan!

author:

Pasar Crypto di Hari Natal: Tren Historis yang Mengejutkan!

Saat lampu-lampu Natal mulai berkelap-kelip, pasar crypto juga sering menunjukkan lonjakan musiman yang menarik. Data historis dan analisis ahli menunjukkan bahwa hari libur besar seperti Natal dapat menyebabkan pergeseran signifikan dalam pola perdagangan dan sentimen pasar.

Mari kita selami lebih dalam bagaimana musim Natal secara historis mempengaruhi pasar crypto.

Santa Claus Rally

Crypto Santa Rally adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan fenomena di mana harga mata uang crypto, seperti Bitcoin dan Ethereum, cenderung mengalami kenaikan selama periode Natal dan Tahun Baru.

Rally ini, yang sering terlihat di pasar saham tradisional sebagai lonjakan harga aset pada akhir Desember hingga awal Januari, juga terjadi di pasar crypto. Istilah “Santa Claus rally” diciptakan oleh analis pasar saham pada tahun 1970-an yang menyadari bahwa harga saham menguat antara hari pertama perdagangan setelah Natal hingga dua hari perdagangan pertama di tahun baru.

Baca juga: 9 Ide Hadiah Natal Unik untuk Para Penggemar Crypto!

Lebih lanjut, rally ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk optimisme liburan dan volume perdagangan yang lebih rendah karena liburan. Data historis menunjukkan bahwa Bitcoin telah menunjukkan gerakan bullish dan bearish selama periode ini.

bitcoin santa claus rally
Sumber: Kraken di TradingView

Tren dari 2023 dan Petunjuk untuk 2024

Transisi dari pasar bearish 2022 ke sentimen yang lebih positif pada 2023, yang mengarah pada kenaikan harga di pasar crypto, dapat dikaitkan dengan beberapa faktor dan peristiwa kunci. Pemulihan Bitcoin pada 2023, penurunan volatilitas, dan persepsi sebagai aset safe-haven adalah beberapa faktor yang berkontribusi.

Perkembangan regulasi dan ETF juga menandai sektor crypto pada 2023. Tren positif ini meletakkan dasar yang kuat untuk sentimen bullish menuju 2024, tetapi tidak ada yang pasti di pasar crypto.

Prediksi Pasar Crypto Desember 2024

Saat kita mendekati 2024, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang berkembang di pasar crypto dan apa yang mungkin mereka indikasikan untuk masa depan. Pada 2023, pasar melihat pergeseran signifikan menuju perdagangan derivatif crypto, mengungguli perdagangan spot tradisional.

Tren ini diharapkan akan berlanjut ke 2024, dengan derivatif keuangan desentralisasi (defi) juga mendapatkan momentum. Selain itu, peristiwa penting pada 2024 adalah Bitcoin halving yang diantisipasi pada April 2024.

Baca juga: CEO Grayscale Optimis Persetujuan ETF Bitcoin Berpotensi Membawa Dana Segar hingga $30 Triliun!

Cara Berdagang Selama Musim Natal

crypto market saat natal
Generated by AI

Memahami volatilitas pasar sangat penting selama musim liburan. Menetapkan tujuan perdagangan yang jelas akan membantu kamu membuat keputusan di tengah fluktuasi pasar selama musim liburan. Tetap terinformasi tentang peristiwa global, mengelola risiko, dan diversifikasi portofolio adalah beberapa strategi yang dapat kamu terapkan.

Selain itu, berhati-hatilah dengan leverage dan tetap berpikiran jernih. Gunakan platform perdagangan yang andal dan terus belajar tentang pasar crypto.

Secara keseluruhan, musim liburan membawa dinamika unik ke pasar crypto, dengan tren historis yang menunjukkan berbagai pola pergerakan harga. Meskipun tren ini memberikan wawasan, penting untuk diingat bahwa pasar crypto dipengaruhi oleh berbagai faktor dan tidak selalu konsisten.

Oleh karena itu, penting bagi investor untuk tetap waspada dan berinformasi saat berdagang selama musim Natal.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: