Hong Kong Siap Jadi Pusat Baru Pekerjaan Crypto, Ini Kata Para Rekruter!

Hong Kong Siap Jadi Pusat Baru Pekerjaan Crypto, Ini Kata Para Rekruter!

Meski perusahaan crypto tampaknya telah mempersiapkan diri untuk memasuki Hong Kong dengan antusiasme yang tak terbendung, namun hal ini belum berubah menjadi peningkatan perekrutan di negara tersebut, menurut eksekutif perekrutan.

Pada 1 Juni 2023, sekitar 150 perusahaan berbaris untuk mendapatkan lisensi crypto lokal yang memungkinkan operasi platform perdagangan crypto lokal. Beberapa bahkan dilaporkan telah menghabiskan hingga $25 juta untuk mendapatkan satu lisensi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Permintaan Tenaga Kerja Crypto Masih Ringan

Pada tahap ini, menurut Sue Wei, direktur manajemen perusahaan perekrutan besar Hays, kebutuhan perekrutan industri masih ringan.

“Banyak perusahaan Web3 yang masih dalam tahap awal pengembangan, tetapi kami mengantisipasi peningkatan jumlah lowongan saat mereka terus berkembang dan matang,” ujar Wei, dikutip dari Cointelegraph, Senin (10/7/2023).

Faktanya, Wei mengatakan bahwa sejak penurunan di pasar crypto, perusahaannya telah melihat “penurunan signifikan dalam permintaan untuk merekrut talenta teknis.”

Baca Juga: Hong Kong Bentuk Satuan Tugas Khusus Web3, Bakal Dominasi Era Digital?

Aktivitas Venture Sangat Rendah

Dilansir dari Cointelegraph, Neil Dundon, pendiri Cryptorecruit, mengatakan bahwa ia belum “benar-benar melihat banyak hal yang terjadi di Hong Kong.” Meskipun aturan telah berubah, aktivitas venture sangat rendah saat ini.

Namun, dia merasa bahwa kita telah mencapai titik terendah, dan dia mengharapkan ini akan mulai tren naik dari sini. Olga Yung, direktur manajemen Michael Page Hong Kong, juga mengatakan bahwa dia belum melihat “peningkatan signifikan” dalam orang-orang yang mencari pekerjaan di Web3 meskipun dorongan pemerintah baru-baru ini.

Baca Juga: Baru! Hong Kong Berencana Mengizinkan Investor Ritel Memperdagangkan Cryptocurrency

Perang Talenta Akan Datang

statistik pekerjaan crypto hongkong 2023
Tingkat lowongan pekerjaan di Hong Kong menunjukkan tren peningkatan sejak pertengahan 2021. Sumber: Departemen Sensus dan Statistik

Kevin Gibson, pendiri perusahaan perekrutan Web3 Proof of Search, mengatakan bahwa mungkin dibutuhkan waktu enam bulan untuk talenta crypto berbondong-bondong ke wilayah ini seiring perusahaan menunggu persetujuan lisensi.

Dia menjelaskan bahwa banyak talenta spesialis telah meninggalkan Hong Kong dalam beberapa tahun terakhir. Dia mengatakan bahwa talenta pool lokal tipis, dan perusahaan yang mendarat di Hong Kong akan menemukan diri mereka dalam perang ekstrem untuk talenta.

Data terbaru untuk demografi kota menunjukkan tingkat pertumbuhan populasi negatif sejak 2020. Statistik pekerjaan untuk Q1 2023 menunjukkan jumlah lowongan pekerjaan meningkat hampir 38% dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu.

Menurut Cointelegraph, tantangan utama adalah menarik talenta dengan minat di sektor ini karena banyak kandidat yang menghindari risiko mengingat sentimen pasar saat ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: