Pasar Crypto Bergolak: Saatnya Berhati-hati atau Beraksi?

Pasar Crypto Bergolak: Saatnya Berhati-hati atau Beraksi?

Dalam suasana pasar crypto yang penuh ketidakpastian, analis top mengeluarkan peringatan untuk para investor crypto yang tergoda untuk “membeli saat harga turun”. Namun, apakah ini saat yang tepat untuk beraksi atau sebaiknya kita menahan diri?

Pasar Bitcoin dan Ethereum: Sebuah Analisis

Bitcoin dan Ethereum, dua raksasa di dunia crypto, baru-baru ini mengalami penurunan harga yang signifikan. Menurut data dari Farside, investasi di ETF Bitcoin spot mengalami penarikan dana sekitar $480 juta dalam dua hari terakhir. Ini menandakan urgensi beberapa trader untuk keluar dari posisi mereka.

Baca Juga: EtherFi Mengumumkan Airdrop Besar-Besaran, Siapakah yang Beruntung?

Di sisi lain, MicroStrategy terus menambah kepemilikan Bitcoin mereka, menunjukkan bahwa tidak semua pelaku pasar kehilangan kepercayaan pada aset digital ini. Namun, analis top Markus Thielen dari 10x Research menyarankan bahwa mungkin masih terlalu dini untuk membeli saat harga turun, mengingat pasar belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang kuat.

Pasar Altcoin: Peluang atau Perangkap?

Pasar Altcoin: Peluang atau Perangkap?
Coin360

Altcoin seperti BNB, Solana, dan Cardano juga mengalami fluktuasi harga yang signifikan. BNB, misalnya, mencapai level retracement Fibonacci 50% di $500, menunjukkan potensi untuk rebound atau penurunan lebih lanjut. Solana dan Cardano, masing-masing, menunjukkan tanda-tanda volatilitas dengan potensi support dan resistance yang kuat.

Pasar altcoin seringkali lebih volatil dibandingkan dengan Bitcoin dan Ethereum, menawarkan peluang keuntungan yang lebih tinggi tetapi juga risiko yang lebih besar. Investor harus berhati-hati dan menganalisis pasar dengan cermat sebelum membuat keputusan investasi.

Pandangan ke Depan: Apa yang Diharapkan?

saham microstrategy
Sumber: Unchained Crypto

Meskipun ada beberapa sinyal positif, seperti pembelian agresif oleh MicroStrategy, pasar crypto secara keseluruhan masih dalam kondisi yang tidak pasti. Keputusan mendatang dari Federal Reserve AS atau The Fed diharapkan akan memiliki dampak signifikan terhadap kebijakan moneter dan pasar crypto.

Investor dan trader harus memperhatikan analisis dan prediksi dari para ahli sebelum mengambil langkah. Membeli saat harga turun bisa menjadi strategi yang menguntungkan, tetapi hanya jika dilakukan pada waktu yang tepat dan dengan analisis yang tepat.

Baca Juga: Altcoin di ‘Zona Peluang’, Inilah Crypto Teratas yang Potensial untuk Buy on Dip!

Pasar crypto saat ini berada di persimpangan jalan, dengan potensi untuk pemulihan atau penurunan lebih lanjut. Keputusan investasi harus dibuat dengan hati-hati, mempertimbangkan semua faktor risiko dan potensi keuntungan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: