Mengapa Market Bull Crypto Belum Dimulai? Analis Crypto Ungkap Hal Ini!

Mengapa Market Bull Crypto Belum Dimulai? Analis Crypto Ungkap Hal Ini!

Pasar kripto telah mengalami pasang surut dalam beberapa tahun terakhir, dengan beberapa kenaikan harga yang signifikan diikuti oleh penurunan yang tajam. Banyak investor bertanya-tanya kapan pasar bull kripto berikutnya akan dimulai. Analis on-chain Willy Woo berpendapat bahwa fundamental akan mendorong kenaikan harga kripto yang sebenarnya. Keuangan tradisional akan terkejut ketika Indeks Makro Bitcoin menembus ambang batas tertentu. Simak analisa lengkpanya berikut ini!

Indeks Makro Bitcoin dan Pasar Bull

indeks makro bitcoin
Sumber: Akun X Willy Woo

Woo memprediksi bahwa peningkatan indeks Makro Bitcoin menandakan dimulainya pasar bull baru. Indeks Makro Bitcoin menyerap analisis fundamental dan teknis ke dalam model pembelajaran mesin yang memberikan pandangan yang lebih luas tentang di mana aset ditempatkan dalam siklus tertentu.

Model tersebut mengkalibrasi pengaruh setiap metrik pada gambaran yang lebih luas dengan melihat seberapa banyak wawasan yang sebelumnya diberikan metrik tersebut terhadap kinerja Bitcoin.

Woo menunjukkan bahwa berdasarkan kinerja model sebelumnya, pasar bull kripto masih jauh. Dia menyatakan, “Pasar bull sejati akan dimulai ketika fundamental mendorong harga, bukan spekulasi atau berita utama.”

Baca Juga: Stanford University Berinvestasi pada Bitcoin, Mengikuti Jejak Universitas Terkemuka Lainnya!

Bagaimana Fundamental Mendorong Bitcoin

btc halving historis
Dampak Historis Bitcoin Halving setiap 4 tahun. Sumber: Akun X Rekt Capital

Klaim Willy Woo menandakan pentingnya melihat siklus masa lalu ketika menilai pasar saat ini. Keputusan Federal Reserve AS, misalnya, untuk menaikkan suku bunga sejak Maret, merupakan faktor fundamental yang telah mempengaruhi harga Bitcoin dengan berbagai cara seiring dengan memanjangnya siklus.

Keputusan untuk menaikkan suku bunga dimulai pada Maret 2022 dan berlanjut hingga pertengahan 2023. Tingkat keparahan dan kecepatan pemotongan suku bunga awal menyebabkan harga Bitcoin turun drastis.

Kemudian, runtuhnya Terra Luna, FTX, dan proyek-proyek lainnya semakin menekan harga. Namun, Bitcoin secara historis terbukti kurang sensitif terhadap kebijakan suku bunga semakin lama siklus suku bunga berlangsung. Misalnya, 11 bulan memasuki siklus, Bitcoin dan S&P 500 berkorelasi negatif untuk pertama kalinya sejak jatuhnya FTX.

Baca Juga: ETF Bitcoin Fidelity Catat Rekor Arus Masuk Harian Terbesar Sejak Peluncuran!

Kapan Pasar Bull Dimulai?

Jika analisis Rekt Capital menjadi kenyataan, pasar bull akan dimulai pada bulan April dan berakhir antara September dan Oktober 2025. Namun, penting untuk dicatat bahwa ini hanyalah prediksi dan pasar kripto sangat fluktuatif. Investor harus selalu melakukan penelitian sendiri dan berkonsultasi dengan penasihat keuangan sebelum membuat keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi