Parlemen Inggris Desak Perlindungan Hak Cipta NFT dan Token Penggemar Olahraga

author:

Parlemen Inggris Desak Perlindungan Hak Cipta NFT dan Token Penggemar Olahraga

Parlemen Inggris menyerukan tindakan tegas terhadap pelanggaran hak cipta yang terkait dengan non-fungible token (NFT) dan token penggemar olahraga. Mereka mendesak pemerintah untuk melindungi para pencipta dan mengatasi potensi bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh kelompok olahraga yang menerbitkan aset digital.

Perlindungan Hak Cipta NFT

bc card korea ajukan resi berbasis nft
Sumber: Protos

Komite parlemen Inggris menyoroti bahwa NFT dan blockchain memiliki potensi unik untuk aplikasi dalam seni dan budaya. Misalnya, NFT dapat membuka pasar baru untuk karya seni dan mendorong seniman untuk mengembangkan keterampilan digital yang inovatif. Namun, laporan komite ini menyoroti risiko dan potensi bahaya yang signifikan bagi pencipta dan konsumen dalam penggunaannya.

Komite ini menekankan bahwa masalah paling mendesak adalah risiko terhadap hak kekayaan intelektual seniman yang muncul dari kemudahan dan kecepatan pembuatan NFT, dibandingkan dengan proses yang lambat bagi seniman yang mencoba menegakkan hak mereka.

Baca juga: Perangi Kejahatan Crypto, NCA Inggris Perketat Regulasi dengan Perekrutan Investigator Baru

Komite ini merekomendasikan agar pemerintah bekerja sama dengan pasar NFT untuk mengatasi pelanggaran ini dengan memperkenalkan kode etik yang melindungi pencipta, konsumen, dan penjual dari materi yang melanggar dan berpotensi penipuan yang dijual di platform tersebut.

Token Penggemar Olahraga

pengaruh nft esport terhadap dunia game
Sumber: strafe.com

Token penggemar olahraga, atau yang dikenal sebagai token penggemar, teoritis memberikan pemegang hak istimewa dan keuntungan keanggotaan khusus, seperti hak suara dalam keputusan klub, hadiah, desain barang dagangan eksklusif, dan pengalaman unik.

Namun, kritik telah muncul, menyarankan bahwa mereka tidak memenuhi janji-janji keterlibatan penggemar dan dipasarkan sebagai setara dengan keanggotaan klub yang sah lainnya. Komite ini juga mengkhawatirkan bahwa klub mungkin akan memperkenalkan token penggemar sebagai bentuk keterlibatan penggemar yang tepat di masa depan, meski harga mereka sangat fluktuatif dan ada keberatan di antara kelompok penggemar.

Komite ini menyimpulkan bahwa,

“Setiap pengukuran keterlibatan penggemar dalam olahraga, termasuk dalam regulasi sepak bola yang akan datang, harus secara eksplisit mengecualikan penggunaan token penggemar.”

Mengingat sifat teknis, fluktuatif, dan sebagian besar tidak diatur dari NFT, mengiklankan produk semacam ini menimbulkan risiko signifikan bagi konsumen, bahkan untuk produk yang sah. Pada tingkat yang paling merugikan, iklan dan dukungan palsu dapat memfasilitasi penipuan dan penipuan.

Komite ini menyarankan agar pemerintah menangani bukti yang dikumpulkan tentang iklan yang menyesatkan dan penipuan untuk NFT.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: