Paraguay Bisa Jadi Pusat Penambangan Bitcoin di Amerika Latin, Apa Faktornya?

Paraguay Bisa Jadi Pusat Penambangan Bitcoin di Amerika Latin, Apa Faktornya?

Menurut Insight Group Mining Hashrate Index, Paraguay, yang merupakan salah satu negara kecil di Amerika Latin, memiliki kondisi yang dibutuhkan untuk menjadi pusat penambangan Bitcoin berikutnya di wilayah tersebut.

Perusahaan ini menyampaikan bahwa ada banyak elemen yang mendukung Paraguay, termasuk melimpahnya sumber tenaga air yang bersih. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Paraguay Bisa Jadi Pusat Bitcoin Mining di Amerika Latin

Paraguay Bisa Jadi Pusat Bitcoin Mining di Amerika Latin
Sumber: Bitcoin News

Paraguay, yang awalnya merupakan sebuah negara yang tidak terlalu dikenal dengan afiliasi crypto-nya, sekarang dianggap sebagai salah satu tujuan paling menarik di Amerika Latin bagi para penambang Bitcoin.

Mengapa hal tersebut terjadi?

Menurut Insight Group Mining Hashrate Index, negara ini menyajikan serangkaian manfaat yang dapat membantunya menjadi salah satu pusat cryptocurrency terbesar di kawasan Amerika Latin.

Keuntungan pertama yang dimiliki Paraguay dibandingkan negara lain di kawasan ini, dan yang membuatnya menjadi lokasi yang menarik bagi para penambang setelah eksodus penambang Cina, adalah banyaknya tenaga listrik tenaga air yang bersih dan murah, yang dapat digunakan untuk membangun operasi penambangan Bitcoin yang besar. Sebagian besar tenaga ini berasal dari Bendungan Itaipu, dan penduduk Paraguay dilaporkan hanya mengonsumsi sekitar 10% dari tenaga yang dihasilkan.

Meskipun sebagian besar energi ini diekspor ke negara-negara tetangga, energi ini dapat digunakan untuk mendukung operasi penambangan besar di masa depan.

Baca Juga: Banyak yang Bangkrut, Perusahaan Ini Malah Ekspansi Bisnis Mining BTC!

Mengapa Paraguay Bisa Menjadi Pusat Bitcoin Mining di Amerika Latin?

Mengapa Paraguay Bisa Menjadi Pusat Bitcoin Mining di Amerika Latin?
Sumber: Blockchain News

Dilansir dari Hashrate Index, Paraguay memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan kepada para penambang Bitcoin. Pasalnya, Itaipu dan bendungan lainnya membuat negara ini dialiri listrik yang murah dan berlimpah, serta lingkungan peraturan dan hukum yang relatif ramah.

Namun, ada beberapa masalah terkait penambangan Bitcoin di Paraguay. Apa sajakah itu? Saat ini, hanya sejumlah kecil pemberi pinjaman crypto yang akan mempertimbangkan untuk memberikan uang kepada bisnis di Paraguay.

Mengapa hal tersebut terjadi?

Ketidakpastian tentang peraturan adalah salah satu masalahnya, dan banyak dari pemberi pinjaman ini sudah memiliki banyak bisnis di Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Menemukan mekanisme insentif yang tepat untuk membuat para penambang nyaman dan aktif di wilayah Paraguay akan menjadi kunci pertumbuhan di masa mendatang.

Selain itu, kepastian regulasi mengenai RUU crypto yang sempat ditangguhkan pada tahun 2022 dapat membantu pertumbuhan industri pertambangan Bitcoin di wilayah Paraguay.

Referensi: