Hong Kong Menarik Perusahaan Crypto Global dengan Panduan Crypto Terbaru!

Hong Kong Menarik Perusahaan Crypto Global dengan Panduan Crypto Terbaru!

Dalam upaya memposisikan dirinya sebagai pusat crypto, Hong Kong memulai virtual asset trading platforms (VATP) di awal bulan ini.

Securities and Futures Commission (SFC) telah menyediakan pedoman untuk perusahaan crypto yang ingin beroperasi di negara tersebut, dan akan mengawasi semua perizinan.

Peraturan Transisional: Peluang Satu Tahun untuk Perusahaan Crypto

Ide di balik “perjanjian transisi” adalah untuk menawarkan periode percobaan satu tahun bagi perusahaan crypto yang beroperasi di negara tersebut.

Perusahaan dapat kemudian mengajukan lisensi bisnis pada tahun 2024, jika mereka memenuhi semua persyaratan.

Apa yang Dimaksud dengan Operasi dan Praktek Bisnis yang Sebenarnya?

Apa yang merupakan operasi dan praktek bisnis yang sebenarnya?

Baca Juga: Survei KPMG: Hongkong dan Singapura Tertarik Untuk Berinvestasi di Crypto

SFC telah menentukan beberapa faktor, termasuk: apakah platform berbasis di Hong Kong, apakah dikendalikan dan dioperasikan oleh karyawan yang berbasis di kota tersebut, apakah memiliki kantor di sana, dan sejumlah persyaratan lainnya.

Peningkatan Tanggung Jawab Operator dalam Pedoman Hong Kong

Crypto dan Hong Kong
Sumber: PayBito

Pedoman Hong Kong tampaknya ingin memberikan lebih banyak tanggung jawab pada operator, atau individu yang menjalankan bursa cryptocurrency. Ini menetapkan keberadaan “individu yang diatur” seperti direksi, petugas bertanggung jawab, dan manajer.

Individu-individu ini, menurut aturan dan regulasi yang baru disetujui, akan perlu melewati tes “layak dan tepat”. Ini akan mengharuskan petugas perusahaan crypto untuk membuktikan pengalaman relevan dalam lingkungan yang diatur, meskipun pengalaman itu berada di negara lain.

Pedoman juga menyatakan bahwa perusahaan yang “secara aktif memasarkan kepada penduduk Hong Kong,” masuk dalam pengawasan regulator.

Baca Juga: China Punya 1.400 Perusahaan Berbasis Blockchain, Makin Pro Sama Crypto?

Ada juga pedoman yang menetapkan apakah sebuah perusahaan memerlukan lisensi SFC, seperti keberadaan rencana pemasaran rinci yang ditujukan pada investor ritel kota atau jika perdagangan diperbolehkan dalam dolar Hong Kong.

Tampaknya regulator di Hong Kong mengambil sikap tegas tentang tanggung jawab perusahaan setelah kinerja buruk dan mengecewakan oleh beberapa perusahaan cryptocurrency tahun ini.

Meskipun berdekatan dengan China yang terkenal anti-crypto, Hong Kong bertujuan untuk menciptakan suasana regulasi yang menarik perusahaan aset digital dari seluruh dunia.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: