OpenAI Luncurkan Panduan untuk Tenaga Pendidik: Penggunaan ChatGPT di Kelas!

OpenAI Luncurkan Panduan untuk Tenaga Pendidik: Penggunaan ChatGPT di Kelas!

Dalam era digital saat ini, teknologi kecerdasan buatan (AI) semakin memainkan peran penting dalam dunia pendidikan. OpenAI, salah satu pemimpin di bidang ini, baru-baru ini meluncurkan panduan khusus untuk pendidik yang ingin memanfaatkan ChatGPT, salah satu produk AI terdepan mereka, untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa di kelas. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mengoptimalkan ChatGPT untuk Pendidikan

chatgpt untuk pendidikan
Sumber: TCEA Blog

Dilansir dari Cryptopolitan, OpenAI telah merilis panduan berjudul “Teaching with AI” yang dirancang khusus untuk membantu guru memahami dan memanfaatkan ChatGPT dengan efektif.

Panduan ini mencakup FAQ untuk pendidik, berbagai contoh prompt yang dapat digunakan dalam pembelajaran, serta saran tentang bagaimana memaksimalkan penggunaan ChatGPT di kelas.

Salah satu hal yang ditekankan oleh OpenAI adalah pentingnya kolaborasi antara guru dan siswa saat menggunakan teknologi ini. Dengan membagikan percakapan ChatGPT mereka satu sama lain, siswa dapat belajar dari teman sekelas mereka dan mendapatkan wawasan yang lebih mendalam.

Baca Juga: ChatGPT Enterprise: Tool AI yang Akan Ubah Dunia Bisnis!

Mengatasi Tantangan Plagiarisme

Salah satu tantangan utama yang dihadapi pendidik saat menggunakan teknologi AI di kelas adalah potensi plagiarisme. OpenAI mengakui bahwa detektor AI saat ini belum sempurna dan sering kali memberikan hasil yang tidak akurat.

Sebagai solusi, OpenAI menyarankan agar guru meminta siswa untuk mencatat percakapan mereka dengan ChatGPT. Dengan cara ini, siswa dapat “menunjukkan pekerjaan mereka” dan mendokumentasikan percakapan mereka dengan AI.

Ini tidak hanya membantu dalam mendeteksi plagiarisme tetapi juga mendorong apa yang disebut OpenAI sebagai “literasi AI”, di mana siswa diajarkan untuk menggunakan AI dengan cara yang bertanggung jawab dan kritis.

Baca Juga: ChatGPT Beri Prediksi Harga Bitcoin, Ethereum dan Solana di 2023

Panduan Praktis untuk Menggunakan ChatGPT di Kelas

OpenAI bekerja sama dengan Ethan dan Lilach Mollick, profesor dan peneliti terkemuka dari University of Pennsylvania’s Wharton Interactive, untuk menciptakan contoh prompt yang dapat digunakan oleh pendidik.

Prompt ini dirancang untuk memandu respons ChatGPT dan memastikan bahwa AI memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat. Selain itu, OpenAI menekankan pentingnya pendekatan “human in the loop”, di mana guru tetap memiliki kontrol penuh atas informasi yang dihasilkan oleh AI dan memastikan bahwa semua informasi yang diberikan kepada siswa telah diverifikasi dan relevan dengan materi pelajaran.

Dengan semakin banyaknya teknologi yang masuk ke dalam kelas, panduan seperti “Teaching with AI” dari OpenAI menjadi sangat penting. Ini memberikan pendidik alat dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk memastikan bahwa mereka memanfaatkan teknologi ini dengan cara yang paling efektif dan bertanggung jawab.

Dengan panduan yang tepat, AI seperti ChatGPT dapat menjadi aset berharga di kelas, memperkaya pengalaman belajar siswa dan membantu guru dalam proses pengajaran mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: