Manajer Aset Swiss, Pando, Ajukan Formulir Bitcoin ETF ke CBOE!

author:

Manajer Aset Swiss, Pando, Ajukan Formulir Bitcoin ETF ke CBOE!

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan pasar keuangan, Pando, manajer aset asal Swiss, telah mengajukan formulir 19b-4 kepada Chicago Board Options Exchange (CBOE) pada 5 Desember 2023.

Langkah ini menandai upaya serius Pando untuk merambah pasar crypto Amerika Serikat dengan produk ETF Bitcoin spot. Dengan harga Bitcoin yang melonjak melewati $43,000, pasar tampaknya merespons dengan antusias terhadap potensi persetujuan ETF Bitcoin spot pertama di AS.

Pando dan Ambisi Globalnya

Pando tidak hanya sekadar pemain baru di arena ETF Bitcoin AS. Perusahaan ini telah memiliki pengalaman yang cukup di pasar Eropa dengan tiga produk crypto ETP yang sudah terdaftar di SIX Swiss Exchange.

Baca juga: SEC Menunda Keputusan Nasib ETF Ethereum Spot dari Grayscale hingga Januari 2024!

Kini, Pando mengincar pasar AS dengan mengajukan ETF Bitcoin spot, sebuah langkah yang menunjukkan ambisi globalnya. Dengan Bank of New York Mellon yang ditunjuk sebagai administrator, ETF yang diusulkan oleh Pando ini menarik perhatian.

Meskipun Pando belum terdaftar sebagai perusahaan investasi di SEC, ini tidak menghentikan mereka untuk berkompetisi di pasar crypto yang sedang berkembang.

Lonjakan Harga Bitcoin

Pasar crypto bereaksi positif terhadap langkah Pando, dengan harga Bitcoin yang melonjak hingga melebihi $43,000. Ini merupakan angka tertinggi sejak kejatuhan TerraUSD pada Mei 2022. Kenaikan ini mencerminkan optimisme pasar terhadap kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin spot di AS.

Analis industri, termasuk Eric Balchunas dari Bloomberg, bahkan memperkirakan peluang persetujuan ETF mencapai 90% menjelang 10 Januari 2024. Hal ini menunjukkan bahwa pasar sangat sensitif terhadap perkembangan regulasi dan sangat menantikan keputusan SEC.

Baca juga: Kota Lugano Swiss Kini Menerima Pembayaran Pajak dalam Bitcoin dan USDT!

Reaksi Pasar dan Antisipasi Keputusan SEC

Komunitas crypto dengan seksama mengamati perkembangan seputar ETF Bitcoin spot di AS, terutama dengan mendekatnya peristiwa Bitcoin halving. Data dari Coinglass menunjukkan dampak yang signifikan, dengan likuidasi posisi short Bitcoin lebih dari $109 juta dalam 24 jam terakhir.

Meskipun belum ada ETF Bitcoin spot yang disetujui, kabar positif mengenai potensi persetujuan telah memicu kegembiraan investor. Bitcoin diperkirakan akan terus melonjak, menandakan perubahan sentimen pasar yang signifikan.

Pada akhirnya, langkah Pando memasuki pasar keuangan AS dengan proposal ETF Bitcoin mereka merupakan strategi ekspansi yang berani. Dengan memanfaatkan pengalaman mereka di Eropa, Pando siap menghadapi tantangan regulasi di AS.

Respon pasar yang optimis menegaskan pentingnya perkembangan ini dalam konteks penerimaan dan regulasi crypto yang lebih luas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: