Optimisme Investor Institusional Meningkat: Harapan Baru untuk Cryptocurrencies?

Optimisme Investor Institusional Meningkat: Harapan Baru untuk Cryptocurrencies?

Survei terbaru yang dilakukan oleh Binance Research memberikan wawasan baru tentang sikap berkembang dari investor institusional terhadap cryptocurrencies.

Survei ini memilih lebih dari 200 investor institusional global, menunjukkan optimisme yang tumbuh di sektor crypto selama 12 bulan ke depan dan ke dekade berikutnya.

Pertumbuhan Kepercayaan di Sektor Crypto

Menurut survei, 63,5% responden menunjukkan pandangan positif tentang sektor crypto selama tahun depan, dengan angka ini naik menjadi 88% ketika jangka waktu diperpanjang ke dekade berikutnya.

Data ini menandakan peningkatan kepercayaan di antara investor institusional dalam potensi cryptocurrencies, kontras yang tajam dengan skeptisisme yang terlihat di masa lalu.

Baca Juga: Heboh Crypto Winter, 62% Investor Institusi Malah Nambah Aset Crypto!

Para peserta survei, kelompok investor institusional yang beragam dengan pengalaman dan assets under management (AUM) yang berbeda-beda, juga memberikan detail tentang kepemilikan crypto mereka saat ini.

Selama setahun terakhir, 47,1% responden mempertahankan alokasi crypto mereka, sementara 35,6% melaporkan peningkatan kepemilikan.

Melihat ke depan, setengah dari responden berharap untuk meningkatkan investasi crypto mereka, sementara hanya 4,3% yang mengantisipasi penurunan dalam 12 bulan berikutnya.

Fokus Investor pada Infrastruktur dan Kejelasan Regulasi

jenis metode penilaian investasi
Unsplash

Survei penelitian Binance juga menyoroti area fokus di antara investor institusional. Infrastruktur, serta sektor Layer-1 (L1) dan Layer-2 (L2), adalah yang paling signifikan, menunjukkan pergeseran ke aspek fundamental teknologi cryptocurrencies.

Secara khusus, 53,9% peserta menemukan infrastruktur penting untuk investasi mereka, diikuti dekat oleh sektor L1 dan L2 sebesar 48,1% dan 43,8% masing-masing.

Responden survei juga menunjuk kasus penggunaan dunia nyata dan kejelasan regulasi sebagai penggerak penting untuk adopsi crypto yang lebih luas.

Sekitar 27% dari mereka yang disurvei mengungkapkan kebutuhan akan aplikasi dunia nyata dari cryptocurrencies, sementara 25,3% meminta kejelasan regulasi yang lebih besar.

Baca Juga: CEO CoinShares: Institusi Finansial dengan Aset Rp404 Kuadriliun Siap Sambut Bitcoin!

Faktor-faktor ini, dikombinasikan dengan peningkatan partisipasi dari bank dan lembaga keuangan lainnya, dipandang sebagai kunci untuk pertumbuhan dan adopsi cryptocurrencies yang berkelanjutan.

Temuan-temuan ini dari survei penelitian Binance menawarkan gambaran berharga ke dalam sikap dan perilaku investasi yang berkembang dari investor institusional di sektor crypto.

Meningkatnya optimisme, fokus pada infrastruktur dan kejelasan regulasi, dan ekspektasi peningkatan alokasi dalam setahun mendatang semua menunjukkan perubahan signifikan dalam lanskap keuangan, dengan cryptocurrencies menjadi opsi investasi yang semakin utama.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: