Mesir Melangkah Maju dengan Penerbitan ‘Panda Bonds’: Apa Dampaknya bagi Ekonomi Global?

Mesir Melangkah Maju dengan Penerbitan ‘Panda Bonds’: Apa Dampaknya bagi Ekonomi Global?

Dalam langkah bersejarah, Mesir telah menjadi negara pertama di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA) yang menerbitkan “panda bonds”. Dengan nilai sekitar $479 juta, penerbitan ini menandai upaya Mesir untuk mengurangi ketergantungannya pada pinjaman berdenominasi dolar yang mahal. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penerbitan Panda Bonds oleh Mesir

panda bonds adalah
Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi (Kiri) menyapa Presiden Tiongkok Xi Jinping (Kanan) pada tahun 2014. Sumber: Business Insider

Mesir, salah satu negara dengan hutang terbesar di Afrika, baru-baru ini menerbitkan obligasi berdenominasi yuan Tiongkok senilai sekitar $479 juta atau 3,5 miliar yuan. Obligasi ini memiliki jangka waktu tiga tahun dengan tingkat bunga sebesar 3,5%.

Tingkat bunga dari obligasi ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan apa yang biasanya harus dibayar Mesir jika obligasi tersebut berdenominasi dolar. Mengurangi biaya pelayanan hutang tetap menjadi prioritas bagi Mesir, terutama setelah penurunan status kreditnya oleh Moody’s.

Menurut laporan, Menteri Keuangan Mesir, Mohamed Maait, menyatakan keinginan negaranya untuk mengendalikan biaya pinjaman dan berupaya mendiversifikasi sumber pendanaannya.

Baca Juga: Timur Tengah dan Afrika Utara, Pasar Crypto Pertumbuhan Paling Cepat

Apa Itu Panda Bonds?

Panda bonds adalah instrumen utang yang diterbitkan oleh entitas non-Tiongkok dan hanya dapat dijual di Tiongkok. Emiten tidak diizinkan untuk mengirimkan dana dari penjualan ini keluar dari Tiongkok.

Dengan menerbitkan panda bonds, Mesir telah menjadi negara pertama dari kawasan MENA yang melakukan hal tersebut. Langkah ini juga menunjukkan komitmen Mesir untuk mengurangi ketergantungannya pada dolar AS.

Selain panda bonds, Mesir juga dikabarkan berencana untuk menerbitkan obligasi berdenominasi yen Jepang atau yang dikenal sebagai “samurai bonds”.

Baca Juga: Nilai Tukar Mata Uang Mesir Jatuh Saat Bitcoin Mendekati Rekor Tertinggi, Saatnya Mesir Adopsi Bitcoin?

Dampak bagi Ekonomi Global

Penerbitan panda bonds oleh Mesir menandai upaya negara tersebut untuk mendiversifikasi sumber pendanaannya dan mengurangi ketergantungannya pada pinjaman berdenominasi dolar.

Langkah ini juga menunjukkan hubungan yang semakin erat antara Mesir dan Tiongkok, dua kekuatan ekonomi besar di dunia.

Dengan menerbitkan obligasi ini, Mesir berharap dapat menarik lebih banyak investasi asing dan memperkuat posisinya di panggung ekonomi global.

Dengan menerbitkan panda bonds, Mesir telah menunjukkan komitmennya untuk menghadapi tantangan ekonomi global dan mencari solusi inovatif untuk mengatasi masalah hutangnya. Langkah ini diharapkan dapat membawa manfaat jangka panjang bagi ekonomi Mesir dan memperkuat hubungannya dengan negara-negara lain di dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: