PancakeSwap Versi 4 Resmi Meluncur: Revolusi Baru di Dunia Crypto Sudah Tiba!

author:

PancakeSwap Versi 4 Resmi Meluncur: Revolusi Baru di Dunia Crypto Sudah Tiba!

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan dunia crypto, PancakeSwap, pertukaran terdesentralisasi (DEX) terkemuka, telah mengumumkan peluncuran PancakeSwap versi 4.

Versi terbaru ini, yang akan beroperasi di jaringan Ethereum dan Binance Smart Chain (BNB Chain), menandai tonggak penting dalam evolusi platform, menjanjikan peningkatan signifikan dalam keamanan, efisiensi, dan fleksibilitas.

Inovasi dan Fitur Baru PancakeSwap v4

pancakeswap v4
Logo PancakeSwap v4 logo. Sumber: PancakeSwap

PancakeSwap v4 memperkenalkan kolam likuiditas kustom dan akuntansi kilat, yang dirancang untuk mengurangi biaya gas bagi pengguna dan mencegah kerugian impermanen bagi penyedia likuiditas.

Baca juga: PancakeSwap V4 Luncurkan Airdrop CAKE Senilai $3 Juta, Tertarik?

Kolam likuiditas kustom diharapkan dapat mencegah fluktuasi harga tajam selama penjualan atau pembelian token besar.

Versi terbaru ini juga mengintegrasikan “hook,” yang merupakan “add-on yang dapat disesuaikan” yang dapat dibuat oleh pengembang independen untuk menambahkan fitur tambahan untuk kolam likuiditas tertentu. Ini memungkinkan kolam untuk menawarkan “biaya dinamis, oracle kustom, dan modul manajemen likuiditas aktif.”

Optimalisasi Gas dan Pengembangan

Pengembang juga membuat perubahan untuk meminimalkan biaya gas, termasuk perpindahan ke model “singleton” di mana semua kolam dikonsolidasikan ke dalam satu kontrak.

Mereka mengklaim ini akan mengurangi biaya perdagangan “multi-hop” yang memerlukan lebih dari satu pertukaran untuk menyelesaikan.

Selain itu, protokol v4 mengimplementasikan “akuntansi kilat,” yang “mengoptimalkan proses akuntansi dengan menghitung saldo bersih untuk sekelompok transaksi dan menyelesaikannya secara kolektif,” yang konon lebih lanjut mengurangi biaya gas.

Baca juga: Terungkap! PancakeSwap Berencana Pangkas Supply Token CAKE, Apa Dampaknya?

Dampak dan Potensi Pasar

Peluncuran PancakeSwap v4 menandai era baru inovasi dan kolaborasi dalam sektor keuangan terdesentralisasi (DeFi), menawarkan pengembang peluang tak tertandingi untuk berkontribusi dan membentuk masa depan PancakeSwap.

Dengan mengatasi tantangan seperti model penetapan harga yang tidak fleksibel, kerugian impermanen, dan biaya gas on-chain yang tinggi, PancakeSwap v4 bertujuan untuk menetapkan standar baru untuk AMM.

Peluncuran ini juga menandai tonggak penting dalam evolusi Web3 dan metaverse terbuka. Dengan memprioritaskan keamanan pengguna, kepatuhan regulasi, dan pengalaman pengguna, PancakeSwap v4 membuka jalan untuk masa depan yang lebih aman dan inklusif bagi dunia terdesentralisasi.

Secara keseluruhan, peluncuran PancakeSwap versi 4 menjanjikan untuk membawa revolusi baru dalam dunia crypto, dengan peningkatan signifikan dalam keamanan, efisiensi, dan fleksibilitas.

Dengan fokus pada inovasi dan kolaborasi, PancakeSwap v4 siap untuk membentuk masa depan keuangan terdesentralisasi dan membuka era baru dalam perdagangan crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: BSC News