PancakeSwap Lakukan Upgrade V3, Apa Saja Inovasi Terbarunya?

author:

Array

PancakeSwap Lakukan Upgrade V3, Apa Saja Inovasi Terbarunya?

Pada 3 April 2023, PancakeSwap telah meluncurkan iterasi V3-nya. Dan baru-baru ini Bein Crypto (16/4/23) melaporkan bahwa bursa terdesentralisasi PancakeSwap juga telah membagikan roadmap terbarunya, termasuk rencana untuk fitur-fitur baru di platformnya dan langkah-langkah untuk mengendalikan inflasi CAKE.

Fokus Fitur Baru untuk PancakeSwap V3

pancakeswap v3 bnb ethereum
PancakeSwap

Mengutip laporan Bein Crypto, mengikuti tradisi yang sudah ada, PancakeSwap V3 diketahui menyalin sebagian besar kodenya dari upgrade V3 UniSwap. Meskipun pada awalnya PancakeSwap tidak lebih dari klon Uniswap yang dipindahkan ke BNB Chain, sejak peluncurannya, PancakeSwap telah menerapkan strategi multichain.

Digunakan dalam Aptos dan Ethereum, PancakeSwap tengah mencoba mengembangkan kehadirannya di seluruh ekosistem DeFi. Dalam AMA (Ask Me Anything) minggu ini, Manajer Produk PancakeSwap mencatat bahwa peningkatan V3 adalah pusat dari ambisi PancakeSwap untuk berkembang melampaui akarnya.

“Kami ingin memperluas lebih jauh ke beberapa blockchain yang kuat dan menjanjikan lainnya untuk menangkap banyak peluang besar,”

Sekarang ini, sebagian besar pengembangan produk PancakeSwap akan difokuskan untuk memaksimalkan fungsionalitas yang diharapkan oleh komunitas di rantai BNB.

Pengembangan yang direncanakan juga termasuk memperluas token asli bursa PancakeSwap, yakni CAKE, untuk memanfaatkan pertumbuhan multichain baru-baru ini. Secara khusus, tim PancakeSwap mengatakan bahwa mereka sedang mengeksplorasi bagaimana peningkatan PancakeSwap V3 dapat membawa utilitas CAKE yang terkunci ke blockchain lain.

Selain mengulang fitur yang telah dicoba dan diuji untuk pengguna Aptos dan Ethereum, fitur baru lain yang telah direncanakan oleh platform ini untuk PancakeSwap V3 termasuk alat untuk membantu pengguna mengotomatiskan posisi likuiditas mereka.

Manajer posisi ini akan memungkinkan protokol lain untuk memberikan strategi mereka kepada penyedia likuiditas. Dengan demikian, pengguna akan mendapatkan akses ke berbagai strategi yang berbeda untuk mengotomatiskan posisi mereka.

Baca juga: Resmi! Dompet Uniswap di iOS Apple Mulai Beroperasi untuk Beberapa Negara

PancakeSwap V3 Perkenalkan 4 Tingkat Biaya

Sementara itu, laporan dari Coindesk mengatakan bahwa PancakeSwap V3 juga memperkenalkan fitur-fitur yang meningkatkan efisiensi modal platform. Fitur ini memungkinkan penyedia likuiditas untuk memusatkan modal mereka pada kisaran harga yang lebih kecil, sebuah fitur yang menghasilkan pendapatan biaya yang lebih tinggi dari jumlah setoran yang sama.

PnacakeSwap V3 memperkenalkan 4 tingkatan biaya perdagangan yang berbeda, yakni 0,01%, 0,05%, 0,25%, dan 1%. Setiap pasang token dapat memiliki kumpulan likuiditas untuk setiap tingkat biaya.

Kemudian, di masa depan, PancakeSwap V3 akan memperkenalkan fitur program hadiah perdagangan “VIP”. Menurut pengembang, program VIP adalah sistem berjenjang yang memberi penghargaan kepada trader untuk volume perdagangan mereka dengan manfaat eksklusif seperti kesempatan untuk mendapatkan potongan biaya perdagangan hingga 5%, yang dapat mendorong lebih banyak aktivitas platform dan meningkatkan pendapatan PancakeSwap.

Pengembang Berusaha Menekan Inflasi CAKE

pancakeswap v3 tekan inflasi cake
PancakeSwap

Selain pengembangan produk, Bein Crypto melaporkan bahwa para pengguna lama PancakeSwap sangat prihatin dengan inflasi CAKE. Menyadari masalah ini, para pengembang DEX telah berusaha untuk mengubah mekanisme yield farming PancakeSwap sehingga menghasilkan lebih sedikit CAKE.

Sebagai bagian dari peningkatan PancakeSwap V3, jumlah CAKE yang dihasilkan akan berkurang. Rantai BNB akan mengalami pengurangan hasil sebesar 45% bersamaan dengan pemotongan 32% pada Ethereum. Selain itu, DEX ini berharap strategi multichain-nya akan menghasilkan volume perdagangan yang lebih tinggi, yang mana akan menyebabkan lebih banyak CAKE yang di-burn tanpa berdampak negatif pada imbal hasil.

Selain PancakeSwap yang melakukan upgrade di bulan April, pada tanggal 12 kemarin, Ethereum juga telah melakukan upgrade Shanghai yang telah lama dinanti-nantikan oleh komunitas.

Lalu, bagaimana kabar Ethereum setelah melakukan upgrade Shanghai? Simak selengkapnya di Setelah Lakukan Upgrade Shanghai, Begini Dampak dan Kelanjutan Harga ETH.


Referensi:

Array