Kemajuan Signifikan Cryptocurrency di Negara Palau dengan Dukungan Ripple!

Kemajuan Signifikan Cryptocurrency di Negara Palau dengan Dukungan Ripple!

Negara kepulauan Palau telah mencapai tonggak penting dalam pengembangan mata uang kripto mereka dengan bantuan teknologi Ripple. Proyek mata uang digital yang terkait erat dengan dolar AS ini telah mendapatkan sambutan hangat dari warga Palau. Meskipun hanya memiliki populasi sekitar 18.000 jiwa, Palau menunjukkan ambisi yang kuat dalam mengadopsi teknologi keuangan masa depan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Hasil Positif dari Kerjasama dengan Ripple

palau stablecoin
Konsep PSC. Sumber: Kementerian Keuangan Palau

Fase awal dari Proyek Stablecoin Palau (PSC) telah rampung dengan hasil yang memuaskan. Kolaborasi dengan Ripple, yang memanfaatkan infrastruktur Central Bank Digital Currency (CBDC) berbasis XRP Ledger, telah menunjukkan kemajuan yang signifikan. Sejumlah 168 relawan dari kalangan pejabat pemerintah telah berpartisipasi dalam proyek ini, dengan melakukan transaksi menggunakan 100 PSC di berbagai toko lokal.

Relawan dan pedagang yang terlibat dalam proyek ini memberikan tanggapan yang sangat baik terhadap penggunaan PSC. Transaksi dapat dilakukan dengan cepat menggunakan ponsel dan QR code, atau dengan memasukkan alamat wallet digital secara manual.

PSC hanya dapat ditukar dengan dolar AS oleh pedagang, yang merupakan mata uang resmi di Palau. PSC dijamin dengan dana sejumlah $20.000 yang disimpan di bank AS dan diasuransikan oleh Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC).

Baca Juga: Terobosan Mata Uang Digital Palau Bersama Ripple Sukses Besar!

Keuntungan Menggunakan PSC

jay hunter anson
Sumber: Akun X Jay Hunter Anson

Laporan terbaru menyoroti sejumlah keuntungan dari penggunaan PSC, termasuk pengurangan biaya transaksi, penurunan dampak lingkungan dari sistem moneter, dan peningkatan akses ke layanan keuangan. PSC memudahkan transaksi tanpa membutuhkan akun bank, yang sangat berguna mengingat tidak semua pulau di Palau memiliki akses ke layanan perbankan.

Laporan tersebut juga menyarankan bahwa tahap berikutnya dari proyek ini harus memprioritaskan edukasi masyarakat serta menangani isu-isu terkait hukum dan regulasi. Pengguna menunjukkan ketertarikan yang besar terhadap kemungkinan melakukan transfer antar individu dan pengiriman uang.

Palau telah memulai eksplorasi terhadap mata uang digital sejak tahun 2021, dengan Ripple terlibat sejak tahap awal. Ripple meluncurkan platform CBDC mereka pada bulan Mei, dan Binance telah mendukung Palau dalam mengimplementasikan program identifikasi digital.

Baca Juga: Terjadi Penurunan Aktivitas Stablecoin di Amerika Serikat, Apa yang Terjadi?

Prospek Masa Depan PSC

PSC yang telah diuji coba dari bulan Juli hingga September ini merupakan langkah awal yang penting. Pemerintah Palau bersama dengan Ripple berencana untuk mengembangkan lebih lanjut stablecoin ini agar dapat diadopsi secara nasional. Dengan hasil yang menggembirakan dari fase awal, Palau berada di jalur yang benar untuk mengintegrasikan teknologi finansial terkini ke dalam ekonomi mereka.

Pengembangan berikutnya akan melibatkan peningkatan pendidikan bagi masyarakat dan penyesuaian kerangka hukum serta regulasi. Dengan ini, Palau berharap dapat memanfaatkan sepenuhnya potensi mata uang digital untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial negara.

Palau telah menunjukkan bahwa tidak ada batasan bagi sebuah negara untuk berinovasi dalam bidang keuangan digital. Dengan bantuan dari Ripple, Palau berpotensi menjadi model bagi negara lain dalam mengimplementasikan mata uang digital yang stabil dan efektif. Keberhasilan tahap awal ini menandakan awal yang menjanjikan untuk masa depan yang lebih inklusif bagi penduduk Palau.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: