Terobosan Mata Uang Digital Palau Bersama Ripple Sukses Besar!

author:

Terobosan Mata Uang Digital Palau Bersama Ripple Sukses Besar!

Menggemparkan dunia keuangan, Palau berhasil melaksanakan percobaan program mata uang digital yang didukung oleh Ripple dengan hasil yang menjanjikan. Program yang berlangsung selama tiga bulan ini mendapat sambutan hangat dari para peserta, membuka jalan bagi adopsi mata uang digital di skala nasional. Inilah lompatan besar bagi Palau dalam memodernisasi sistem keuangannya.

Kolaborasi Palau dan Ripple

Palau, dengan dukungan teknologi Ripple, telah menyelesaikan fase pertama dari program mata uang digitalnya yang menarik perhatian internasional. Program ini melibatkan 168 pegawai pemerintah yang berpartisipasi dalam transaksi ritel menggunakan mata uang digital yang disebut Palau Stablecoin (PSC).

Baca juga: Republik Palau dan Ripple Labs Menambang Palau Stablecoin (PSC) Pertama

stablecoin palau
Konsep PSC. Sumber: Kementerian Keuangan Palau

Transaksi dilakukan dengan mudah melalui telepon menggunakan kode QR atau dengan memasukkan alamat dompet secara manual. Hanya pengecer yang dapat menukarkan PSC dengan dolar AS, mata uang resmi Palau.

PSC ini sepenuhnya didukung oleh dana sebesar $20,000 yang disimpan di bank Amerika Serikat dengan asuransi Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) tingkat satu.

Manfaat dan Masa Depan Mata Uang Digital

Program PSC ini diharapkan dapat mengurangi biaya transaksi keuangan, mengurangi jejak karbon negara, dan meningkatkan inklusi keuangan. Tidak memerlukan rekening bank untuk menggunakan PSC, ini menjadi solusi bagi wilayah di Palau yang tidak memiliki akses ke bank.

Fase berikutnya dari program ini akan menekankan pada pendidikan serta isu hukum dan regulasi. Pengguna telah menyatakan minat mereka pada penggunaan PSC untuk transfer antar individu dan remitansi. Palau berkomitmen untuk terus berinovasi dalam penggunaan mata uang digital.

“Republik Palau terus menunjukkan komitmennya terhadap inovasi digital dan modernisasi keuangan dengan program Stablecoin.”

Baca juga: Ripple: Terobosan Baru Solusi Pembayaran Lintas Batas Berbasis Crypto yang Lebih Efisien!

Palau Pada Peta Inovasi Keuangan Global

ripple inovasi cbdc
Sumber: Coinscreed

Palau memulai eksplorasi mata uang digital pada tahun 2021 dan telah bekerja sama dengan Ripple sejak awal. Ripple memperkenalkan platform CBDC pada bulan Mei, yang menjadi kunci sukses program PSC. Binance juga turut membantu Palau dalam mengimplementasikan program identifikasi digital.

Pilot program yang dimulai pada bulan Juli dan berakhir pada bulan September ini menandai dedikasi Palau terhadap inovasi digital dan modernisasi keuangan. Hasil positif dari pilot program ini menempatkan Palau sebagai negara yang progresif dalam adopsi mata uang digital.

Secara keseluruhan, pilot program mata uang digital Palau, dengan dukungan Ripple, telah membuktikan potensi besar dalam transaksi ritel. Dengan rencana untuk memperluas program ini secara nasional, Palau siap menjadi pelopor dalam inovasi keuangan.

Komitmen untuk mengurangi biaya transaksi, mendorong inklusi keuangan, dan meminimalkan jejak karbon, sejalan dengan tren global dalam adopsi solusi keuangan digital. Kita semua menantikan perkembangan selanjutnya dari Palau dalam membangun ekosistem keuangannya dengan solusi digital yang inovatif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: