Republik Palau dan Ripple Labs Menambang Palau Stablecoin (PSC) Pertama

author:

Republik Palau dan Ripple Labs Menambang Palau Stablecoin (PSC) Pertama

Republik Palau, dalam kolaborasi dengan Ripple Labs, telah mencetak stablecoin pertamanya, Palau Stablecoin (PSC). Jay Hunter Anson, Direktur Program Residensi Digital Palau dan anggota Kementerian Keuangan Palau, membagikan berita ini di Twitter, memberikan penjelasan tentang kemitraan antara Bendahara Nasional Palau dan Ripple Labs.

Acara ini berlangsung di Capitol Nasional di Ngerulmud, Palau, di mana perwakilan dari Bendahara Nasional Palau dan Ripple berkumpul untuk merayakan peluncuran sukses Palau Stablecoin.

Peluncuran Stablecoin Palau dan Kolaborasi dengan Ripple

Peluncuran Palau Stablecoin (PSC) adalah tonggak penting dalam sejarah Republik Palau dan Ripple Labs. PSC, yang diluncurkan dalam kerjasama antara Bendahara Nasional Palau dan Ripple Labs, adalah stablecoin pertama yang dicetak oleh negara kepulauan Pasifik ini. Acara peluncuran berlangsung di Capitol Nasional di Ngerulmud, Palau, di mana perwakilan dari Bendahara Nasional Palau dan Ripple berkumpul untuk merayakan pencetakan sukses stablecoin pertama ini.

Baca juga: Ripple (XRP) Berkomitmen untuk Pasar dengan Aturan yang Jelas di Asia dan Eropa

stablecoin palau ripple
Sumber: Twitter

PSC merupakan hasil dari eksplorasi bersama antara Palau dan Ripple tentang potensi penggunaan stablecoin dalam berbagai kasus di Palau. Dalam tweet-nya, Jay Hunter Anson, Direktur Program Residensi Digital Palau, menekankan bahwa peluncuran PSC adalah langkah penting dalam kolaborasi mereka dengan Ripple. Dia juga menambahkan bahwa mereka telah menerima persetujuan eksplisit dari Kongres Palau, memberikan stempel legitimasi resmi pada program pilot PSC.

Menariknya, PSC dioperasikan di XRP Ledger (XRPL), menunjukkan teknologi Ripple sebagai tulang punggung inisiatif keuangan ini. XRPL adalah teknologi blockchain yang dirancang untuk memungkinkan transfer uang cepat dan murah, dan telah digunakan oleh Ripple dalam berbagai produk dan layanan keuangannya. Dengan menggunakan XRPL, Palau dan Ripple berharap untuk memanfaatkan kecepatan, efisiensi, dan biaya rendah dari teknologi ini untuk memfasilitasi operasi PSC.

Pengujian Pilot PSC dan Potensi Dampaknya

Pengujian pilot PSC dilakukan untuk menilai efektivitas dan efisiensi solusi yang dirancang bersama dengan Ripple. Eksperimen pilot ini memberikan wawasan berharga tentang stabilitas dan kegunaan Palau Stablecoin sebelum potensi rilis publik.

“Pengujian pilot kami yang terkontrol telah memberikan pencerahan, dan kami optimis tentang dampak potensial Palau Stablecoin pada ekonomi negara kami,” kata Anson.

Program pilot Palau Stablecoin telah melihat pengguna sukarela berpartisipasi aktif dalam fase pengujian.

Baca juga: Transaksi Stablecoin MiCA Dirasa Menghambat Adopsi Crypto, Begini Kata Pengacara!

Mengapa Stablecoin PSC?

Menurut Kementerian Keuangan Pemerintah Palau, penciptaan proyek Stablecoin dianggap perlu untuk mengatasi kebutuhan tertentu di Palau. Kementerian Keuangan telah mengambil inisiatif untuk mensponsori proyek ini untuk mengurangi biaya pembayaran di Republik Palau.

Tujuan utama adalah untuk meningkatkan akses ke layanan keuangan, terutama untuk komunitas yang kurang dilayani dan berbagai kelompok sosial-ekonomi, dengan menggunakan solusi digital.

Pada akhirnya, peluncuran sukses program pilot Palau Stablecoin telah menarik perhatian dari komunitas XRP, dan antisipasi sedang dibangun untuk rilis pers resmi bersama yang dijadwalkan pada 27 Juli 2023.

Sebagai negara kepulauan di Pasifik, Palau telah menunjukkan inisiatif dalam mengadopsi teknologi blockchain dan kripto untuk memajukan ekonomi dan layanan keuangannya. Dengan stablecoin ini, Palau berharap untuk mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan akses ke layanan keuangan, terutama bagi komunitas yang kurang dilayani.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: