Joe Biden Hidupkan Kembali Pajak Penambangan Kripto Sebesar 30% dalam Proposal Baru

author:

Joe Biden Hidupkan Kembali Pajak Penambangan Kripto Sebesar 30% dalam Proposal Baru

Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah menghidupkan kembali ide pajak 30% atas listrik yang digunakan oleh penambang crypto dalam proposal anggarannya untuk tahun 2025.

Langkah ini bertujuan untuk memperluas basis pajak aset digital dan menutup celah pajak yang menguntungkan kelompok kaya.

Penerapan Pajak Penambangan Crypto

Dalam dokumen Departemen Keuangan AS berjudul “Penjelasan Umum Proposal Pendapatan Administrasi Tahun Fiskal 2025,” administrasi menyoroti bahwa hukum saat ini tidak mengatasi aset digital selain dari pelaporan broker dan transaksi tunai.

Baca juga: Pendapatan Harian Penambang Bitcoin Cetak Rekor Baru Jelang Halving, Mencapai $78,6 Juta!

Karena itu, administrasi ingin memberlakukan pajak eksisi—pajak yang dikenakan pada barang seperti bahan bakar—pada penambangan aset digital.

“Setiap perusahaan yang menggunakan sumber daya komputasi, baik yang dimiliki oleh perusahaan atau disewa dari pihak lain, untuk menambang aset digital akan dikenakan cukai sebesar 30 persen dari biaya listrik yang digunakan dalam penambangan aset digital.”

Jika diimplementasikan, perusahaan penambangan crypto harus melaporkan jumlah dan jenis listrik yang mereka gunakan, serta nilai listrik yang digunakan jika mereka membelinya dari luar.

Aturan Penjualan Cuci dan Lainnya

Anggaran juga menargetkan celah pajak yang menguntungkan kelompok kaya dengan menutup celah ‘pertukaran sejenis’ dan tempat perlindungan pajak asuransi jiwa.

Secara khusus, ia mengatasi masalah terkait crypto seperti menerapkan aturan penjualan cuci ke aset digital dan memperkenalkan persyaratan pelaporan informasi untuk lembaga keuangan.

Aturan penjualan cuci, yang umumnya diterapkan di pasar tradisional, bertujuan untuk mencegah praktik menjual dan membeli kembali investasi dengan cepat untuk mengklaim manfaat pajak.

Baca juga: Michael Saylor Ungkap Bitcoin Bukan Mata Uang, Melainkan Aset Digital yang Harus Dimiliki!

Dampak dan Estimasi Pendapatan

Administrasi memperkirakan lebih dari $1 miliar pendapatan dari memasukkan transaksi aset digital dalam aturan penjualan cuci dan lebih dari $8 miliar dari menerapkan mata uang kripto ke aturan penandaan-ke-pasar pada tahun fiskal 2025 saja.

Selain itu, pajak eksisi pada penambangan dapat berkontribusi $7 miliar untuk mengurangi defisit nasional selama dekade berikutnya. Meskipun proposal serupa dibuat tahun lalu, mereka tidak dimasukkan ke dalam tagihan anggaran oleh Kongres.

Proposal anggaran ini bertujuan untuk mengatasi kekhawatiran fiskal dan mempromosikan perpajakan yang adil di berbagai sektor, menandai langkah penting dalam regulasi aset digital dan penambangan crypto di AS.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CryptoTicker