Brasil Siap Gempur Investor Crypto dengan Regulasi Pajak Baru!

Brasil Siap Gempur Investor Crypto dengan Regulasi Pajak Baru!

Brasil, salah satu negara terbesar di Amerika Selatan, kini tengah mempersiapkan regulasi pajak baru yang akan mempengaruhi dunia crypto. Dengan perubahan ini, bagaimana nasib investor dan exchange crypto di Brasil? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pajak Baru untuk Crypto

pajak baru crypto brasil
Undang-undang tersebut menempatkan aset crypto yang dimiliki oleh warga Brasil di luar negeri di bawah aturan pajak yang sama dengan aset tradisional. Sumber: Cointelegraph

Menurut Cointelegraph, legislator Brasil sedang berupaya mengimplementasikan undang-undang baru yang akan meningkatkan pajak terhadap cryptoyang dipegang di luar negeri. Sebuah komite kongres telah menyetujui revisi pada rancangan undang-undang yang mengakui crypto sebagai “aset keuangan” untuk tujuan pajak pada investasi luar negeri.

Rancangan undang-undang ini akan memungut pajak atas keuntungan dari fluktuasi harga crypto terhadap mata uang fiat resmi Brasil, serta fluktuasi kurs valuta asing. Menurut kongresman Merlong Solano, revisi ini bertujuan untuk mempromosikan perlakuan pajak yang adil, mengingat investasi crypto di luar negeri saat ini mendapatkan potongan pajak yang lebih rendah.

Baca Juga: Presiden Brasil Teken Regulasi Crypto Baru: Brasil Naik Tingkat, Bagaimana Dengan Negara Lain?

Detail Tarif Pajak yang Baru

Dengan perubahan ini, pendapatan dari luar negeri hingga 6.000 reais Brasil (sekitar $1.200) akan dibebaskan dari pajak. Namun, pendapatan antara 6.000 hingga 50.000 reais (sekitar $10.000) akan dikenakan tarif pajak 15%. Jika melebihi ambang batas ini, pajak akan dikenakan sebesar 22.5%.

Perlu diperhatikan bahwa perubahan ini khusus berlaku untuk exchange crypto yang tidak memiliki kantor fisik di Brasil. Hal ini bisa membuat bursa lokal menjadi opsi yang lebih ekonomis bagi beberapa investor, terutama mereka yang memiliki keuntungan di atas batas pajak tertinggi.

Baca Juga: Susul Negara Lainnya, Brasil Telah Sahkan RUU Crypto Sebagai Metode Pembayaran!

Dampak bagi Bursa Crypto di Brasil

Brasil telah menjadi rumah bagi beberapa exchange crypto global, termasuk Binance, Coinbase, Bitso, dan Crypto.com. Selain pemain internasional, bursa lokal seperti Mercado Bitcoin dan Foxbit juga berkontribusi dalam lanskap crypto negara ini.

Para ahli hukum berspekulasi bahwa undang-undang ini mungkin meningkatkan aktivitas bursa crypto di dalam negeri dan juga bisa menjadi insentif bagi entitas asing untuk mendirikan kantor mereka di Brazil.

Keputusan mengenai rancangan undang-undang ini dijadwalkan pada 28 Agustus 2023 di Kongres Brasil. Jika disetujui, regulasi pajak baru ini akan mulai berlaku pada Januari 2024. Dengan perubahan ini, Brasil tampaknya siap memasuki babak baru dalam dunia crypto dengan harapan meningkatkan adopsi dan kepatuhan pajak di sektor ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: