Outflow Dana Bitcoin Capai $111 Juta, Tren Penarikan Terbesar Sejak Maret!

Outflow Dana Bitcoin Capai $111 Juta, Tren Penarikan Terbesar Sejak Maret!

Menurut laporan mingguan “Aliran Dana Aset Digital” dari CoinShares, outflow aset crypto mencapai $107 juta pada minggu yang berakhir 4 Agustus 2023, dengan Bitcoin menyumbang sebagian besar dari jumlah tersebut. Outflow dalam konteks cryptocurrency mengacu pada pergerakan dana atau aset crypto keluar dari suatu platform, dompet, atau produk investasi tertentu.

Menurut laporan mingguan CoinShares, tren negatif ini menunjukkan adanya “pengambilan keuntungan” setelah siklus keuntungan sebelumnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Fokus pada Bitcoin dan Ethereum

aliran aset crypto mingguan
Aliran aset crypto mingguan. Sumber: CoinShares

Dilansir dari Cointelegraph, Bitcoin menjadi pusat perhatian dengan outflow sebesar $111 juta, menjadikannya outflow mingguan terbesar sejak Maret. Ini terjadi setelah meningkatnya pengawasan regulasi di AS pada bulan tersebut.

Ethereum juga tidak luput dari tren negatif ini dengan outflow sebesar $6 juta. Total outflow dari kedua aset ini mencapai $117 juta dalam seminggu.

Baca Juga: Rekor Terbesar, Aliran Dana Mingguan Investasi Crypto Mencapai Rp2,9 Triliun Sejak Juli 2022!

Sentimen Altcoin Mulai Membaik

sentimen altcoin
Sumber: Coingape

Meskipun Bitcoin dan Ethereum mengalami outflow, beberapa altcoin menunjukkan peningkatan inflow. Solana mencatat inflow terbesar dengan total $9,5 juta, menjadi inflow mingguan terbesar sejak Maret 2022.

Altcoin lain seperti XRP dan Litecoin juga mencatat inflow masing-masing sebesar $0,5 juta dan $0,46 juta. Namun, Uniswap dan Cardano mengalami outflow sebesar $0,8 juta dan $0,3 juta.

Baca Juga: 21e6 Capital AG: Holder Bitcoin Ungguli Dana Crypto sebesar 69% di H1 2023!

Dampak Regional dan Volume Perdagangan

Secara regional, outflow terbesar berasal dari dua penyedia ETP di Jerman dan Kanada, dengan outflow masing-masing sebesar $71 juta dan $29 juta.

Volume perdagangan mingguan untuk produk investasi turun 36% di bawah rata-rata tahun-tahun sebelumnya. Namun, volume pasar yang lebih luas mengalami penurunan yang lebih signifikan, turun 62% dibandingkan dengan rata-rata YTD.

Outflow besar-besaran dari Bitcoin dan Ethereum menunjukkan adanya perubahan sentimen di pasar crypto. Namun, dengan inflow yang meningkat di beberapa altcoin, pasar mungkin sedang mencari peluang baru di tengah ketidakpastian.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: