Outflow GBTC Turun 70%, Bitcoin Naik ke $43.000!

Outflow GBTC Turun 70%, Bitcoin Naik ke $43.000!

Cryptocurrency sedang mengalami perubahan signifikan dalam beberapa hari terakhir. Arus keluar Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) telah menurun drastis, sementara Bitcoin (BTC) berhasil menembus level $43.000. Perkembangan ini memberikan sinyal positif bagi pasar cryptocurrency secara keseluruhan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Arus Keluar GBTC Menurun Drastis

outflow gbtc turun drastis
Arus keluar bersih Bitcoin dari Coinbase. Sumber: Glassnode

Arus keluar GBTC telah menurun drastis sebesar 70% dari puncaknya. Hal ini menunjukkan bahwa investor mulai mengurangi penjualan BTC mereka melalui GBTC. Penurunan arus keluar GBTC ini dapat menjadi indikasi bahwa sentimen pasar terhadap cryptocurrency mulai membaik.

Selain itu, data dari Coinbase menunjukkan bahwa arus masuk BTC ke bursa crypto telah meningkat secara signifikan sejak peluncuran Bitcoin ETF pertama di Amerika Serikat. Hal ini menunjukkan bahwa investor mulai beralih ke bursa crypto untuk membeli BTC.

Baca Juga: Grayscale GBTC: Kisah Penjualan Besar-besaran yang Guncang Pasar Bitcoin!

BTC-Spot ETF Market Data Membawa BTC ke $43.000

Pergerakan harga BTC pada hari Senin lalu didorong oleh data perdagangan pasar BTC-spot ETF. Volume perdagangan untuk iShares Bitcoin Trust (IBIT) lebih tinggi daripada volume perdagangan GBTC untuk pertama kalinya.

Hal ini menunjukkan penurunan lebih lanjut dalam arus keluar BTC bersih dari GBTC dan sesi kedua arus masuk bersih. BTC bereaksi terhadap berita tersebut, reli ke level tertinggi $43.337 sebelum kembali turun. Kehati-hatian investor terlihat jelas sebelum pembaruan BTC-spot ETF.

BTC jatuh ke level terendah sesi $41.835 satu jam sebelum pembaruan Seyffart. Namun, menurut angka akhir hari, GBTC menyalip IBIT untuk terus memimpin volume perdagangan pada hari ke-12 perdagangan.

Baca Juga: GBTC Mendekati Bitcoin, Diskon Terendah Sejak 2021: Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya?

GBTC Outflows Slide Sending Bitcoin to $43.000

Pada hari Senin, Invesco dan Galaxy memangkas biaya jangka panjang pada Invesco Galaxy Bitcoin ETF dari 0,39 bps menjadi 25 bps. Tidak termasuk keringanan, hanya Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) dan Wisdomtree Bitcoin Trust (BTCW) yang memiliki biaya lebih tinggi masing-masing sebesar 1,5% dan 0,30%. Pengumuman tersebut menyusul obrolan tentang Charles Schwab yang ingin memasuki pasar BTC-spot ETF.

Pada hari Jumat, pendiri ETF Institute Nate Geraci berspekulasi tentang Charles Schwab yang memasuki pasar, dengan mengatakan,

“Mereka mungkin mengejutkan dunia & menawarkan sesuatu yang 10bps dalam beberapa bulan.” Menambahkan, “Schwab akan memasuki perlombaan spot bitcoin ETF? Saya katakan itu sudah kesimpulan yang pasti. Setuju dengan Eric & percaya akan terjadi (lebih cepat daripada nanti).”

Geraci menanggapi posting dari analis senior ETF Bloomberg Intelligence Eric Balchunas. Charles Schwab memiliki kehadiran yang ada di pasar ETF. Meluncurkan BTC-spot ETF akan menjadi langkah logis ketika mempertimbangkan kehadiran Fidelity. Charles Schwab menempatkan dirinya sebagai penyedia ETF terbesar kelima.

Kesimpulan

Perkembangan terbaru dalam pasar cryptocurrency menunjukkan adanya perbaikan sentimen investor. Arus keluar GBTC yang menurun dan peningkatan arus masuk BTC ke bursa crypto menjadi indikasi positif bagi pasar. Selain itu, data perdagangan pasar BTC-spot ETF juga memberikan pengaruh positif terhadap harga BTC. Dengan adanya perkembangan ini, cryptocurrency diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan dalam jangka panjang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi