Otoritas Prancis Kunjungi Kantor Worldcoin (WLD) di Paris Terkait Kekhawatiran Privasi Data

author:

Otoritas Prancis Kunjungi Kantor Worldcoin (WLD) di Paris Terkait Kekhawatiran Privasi Data

Dalam dunia crypto yang dinamis, isu privasi data menjadi perhatian utama. Worldcoin (WLD), sebuah proyek crypto yang meminta pengguna untuk memindai iris mereka sebagai bagian dari proses identifikasi, kini berada di bawah sorotan otoritas Prancis.

Pemeriksaan CNIL di Kantor Worldcoin

regulator prancis lakukan cek proyek worldcoin

CNIL, komisi nasional Prancis yang mengawasi perlindungan data pribadi, telah melakukan “pemeriksaan” di kantor Worldcoin di Paris. Langkah ini datang di tengah meningkatnya tekanan regulasi global terhadap proyek crypto ini.

Baca juga: Meski Menghadapi Kontroversi, Rekor Pendaftaran Harian Worldcoin (WLD) Capai 9.500 Pengguna di Argentina

Worldcoin, yang meminta pengguna untuk memindai iris mereka untuk mendapatkan ‘World ID’ digital, telah menarik perhatian karena metodenya dalam mengumpulkan data biometrik.

Meskipun Worldcoin menyatakan bahwa proses ini bertujuan untuk mengautentikasi identitas pengguna dan melawan identitas virtual yang dibantu oleh AI, CNIL telah menyatakan kekhawatiran tentang legalitas pengumpulan data biometrik ini.

Respons Worldcoin dan Dampak Regulasi

Menanggapi penyelidikan awal CNIL pada Juli 2023 lalu, Worldcoin menekankan bahwa mereka memiliki dedikasi tinggi terhadap privasi pengguna. Mereka mengklaim platform mereka dirancang dengan perlindungan privasi individu sebagai prioritas utama. Selain itu, mereka telah mengembangkan program privasi yang kuat untuk memastikan data pengguna tetap aman dan terlindungi.

Lebih lanjut, Worldcoin menyambut setiap kesempatan untuk menjawab pertanyaan mengenai tujuan dan teknologi proyek mereka. Mereka berkomitmen untuk bekerja sama dengan regulator dan otoritas pengawas untuk memastikan bahwa mereka mematuhi semua persyaratan dan standar industri.

Meskipun Worldcoin telah menarik lebih dari 2,1 juta pengguna, tekanan regulasi telah mempengaruhi persepsi pasar terhadap proyek ini. Harga Worldcoin mengalami penurunan signifikan dalam 30 hari terakhir.

Baca juga: Proyek Crypto Worldcoin (WLD) Hadirkan Fitur Baru, Seperti Apa?

Sorotan Regulasi Global Terhadap Worldcoin

Selain Prancis, Worldcoin juga menghadapi tekanan dari otoritas lain. Pemerintah Kenya, misalnya, mengumumkan penangguhan sementara operasi Worldcoin pada awal Agustus 2023 lalu. Telusuri selengkapnya di Demi Keamanan Privasi, Kenya Hentikan Aktivitas Worldcoin (WLD).

Di Inggris, penyelidikan juga telah dimulai terkait dengan Worldcoin, menunjukkan bahwa kekhawatiran tentang privasi data bukan hanya isu lokal tetapi juga global. Dengan meningkatnya perhatian terhadap privasi data di industri crypto, langkah-langkah seperti yang diambil oleh CNIL mungkin menjadi semakin umum di masa depan.

Pada akhirnya, seiring dengan pertumbuhan dan adopsi teknologi crypto, isu-isu seperti privasi data akan terus menjadi pusat perhatian. Bagaimana Worldcoin dan proyek crypto lainnya menanggapi akan menentukan masa depan industri ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: