Otoritas Keuangan Korea Selatan Bertemu SEC AS, Bahas ETF Bitcoin Spot

Otoritas Keuangan Korea Selatan Bertemu SEC AS, Bahas ETF Bitcoin Spot

Cryptocurrency semakin populer di seluruh dunia, dan Korea Selatan tidak terkecuali. Negara ini telah menjadi salah satu pemimpin dalam regulasi pasar cryptocurrency di kawasan Asia-Pasifik, dan sekarang mereka ingin belajar lebih banyak tentang exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot.

Untuk itu, kepala Otoritas Jasa Keuangan Korea Selatan (FSS) berencana untuk bertemu dengan ketua Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC), Gary Gensler, pada tahun 2024.

Pertemuan FSS dan SEC

FSS, yang merupakan regulator keuangan utama di Korea Selatan, berencana untuk bertemu dengan SEC untuk mendapatkan wawasan tentang ETF Bitcoin spot. Kepala FSS, Lee Bok-Hyun, akan bertemu dengan Ketua SEC Gary Gensler pada tahun 2024 untuk membahas aset digital dan ETF Bitcoin spot, di antara isu-isu lainnya.

Baca Juga: Waspada! Penipu Gunakan Teknologi Deepfake untuk Gasak $25 Juta dari Karyawan Perusahaan

SEC baru-baru ini menyetujui ETF BTC spot pertama di Amerika Serikat, sebuah keputusan yang berdampak signifikan pada kebijakan keuangan global. Sebelumnya, SEC telah menolak aplikasi ETF BTC spot karena kekhawatiran tentang manipulasi pasar. Persetujuan ETF BTC spot mendorong regulator sekuritas Korea untuk memperingatkan perusahaan lokal agar tidak menjadi perantara ETF tersebut dari Amerika Serikat.

Regulasi Cryptocurrency di Korea Selatan

cbdc korea selatan
Generated by AI

Korea Selatan adalah salah satu regulator terkemuka pasar cryptocurrency di kawasan Asia-Pasifik dan sering mengikuti AS dalam hal regulasi crypto. Di masa lalu, Korea Selatan telah melarang penggunaan kartu kredit untuk pembelian crypto dan melarang layanan pencampuran crypto.

Langkah Korea Selatan dalam Mengatur ETF Bitcoin Spot

FSS berencana untuk terlibat dengan SEC untuk mendapatkan wawasan tentang ETF Bitcoin spot. Langkah ini dilakukan setelah SEC menyetujui ETF BTC spot dan peringatan selanjutnya yang dikeluarkan oleh regulator sekuritas Korea. Korea Selatan bertujuan untuk tetap mengikuti perkembangan regulasi crypto global dan menyelaraskan kebijakannya sendiri.

Paragraf Penutup

Pertemuan antara FSS dan SEC ini menunjukkan bahwa Korea Selatan serius dalam mengatur pasar cryptocurrency dan ingin belajar dari pengalaman Amerika Serikat. Dengan semakin populernya cryptocurrency, penting bagi regulator untuk memastikan bahwa pasar tetap adil dan teratur.

Baca Juga: Kolaborasi Fideum dan Mastercard: Masa Depan Keuangan Tradisional dan Digital!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi