Otoritas Moneter Hong Kong Bentuk Komunitas untuk Kembangkan CBDC Grosir dan Tokenisasi

author:

Otoritas Moneter Hong Kong Bentuk Komunitas untuk Kembangkan CBDC Grosir dan Tokenisasi

Jakarta, Pintu News – Hong Kong telah membentuk sebuah kelompok kerja untuk “mengembangkan standar” bagi pasar tokenisasi, khususnya untuk penggunaan mata uang digital bank sentral (CBDC) grosir.

Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA), bank sentral de facto wilayah tersebut, mengumumkan pada hari Selasa (7/5/24) bahwa mereka telah membentuk “Project Ensemble Architecture Community,” yang bertujuan untuk mendukung interoperabilitas antara CBDC grosir, uang tokenisasi, dan aset tokenisasi.

Arsitektur Komunitas Ensemble

Kelompok kerja tersebut juga berencana untuk memfasilitasi desain dan implementasi Project Ensemble, sebuah proyek wCBDC baru yang diluncurkan HKMA pada bulan Maret.

Baca juga: ETF Bitcoin Spot Hong Kong Raup $230 Juta dalam Seminggu Pertama!

Peserta dari “Arsitektur Komunitas” termasuk HKMA, Komisi Sekuritas dan Berjangka, BIS Innovation Hub Hong Kong Centre, Kelompok Pakar CBDC, dan tujuh anggota dari sektor swasta — yaitu Bank of China (Hong Kong), Hang Seng Bank, HSBC, Standard Chartered Hong Kong, HashKey Group, Ant Digital Technologies, dan Microsoft Hong Kong.

HKMA sedang menguji CBDC-nya dan meluncurkan tahap kedua dari uji coba e-HKD pada bulan Maret. Uji coba tahap kedua diperkirakan akan berlangsung hingga pertengahan tahun 2025.

Otoritas Hong Kong mulai meneliti CBDC pada tahun 2017. Mereka mulai lebih menekankan pada mempelajari potensi e-HKD pada tingkat grosir dan eceran pada tahun 2021, menurut situs web HKMA.

Proyek Ensemble Sandbox

HKMA secara resmi mengumumkan pada tanggal 7 Mei bahwa mereka akan membentuk komunitas khusus yang terdiri dari perwakilan industri dan regulator untuk mengembangkan standar tokenisasi.

Disebut “Project Ensemble Architecture Community,” komunitas ini bertujuan untuk mengawasi dan mendukung pengembangan proyek tokenisasi di Hong Kong.

Inisiatif ini juga dirancang untuk mempromosikan dan mendukung interoperabilitas antara mata uang digital bank sentral grosir (wCBDC) — sejenis uang digital yang digunakan di antara bank dan lembaga keuangan.

Menurut pengumuman tersebut, komunitas tersebut pada awalnya akan fokus pada pembentukan mekanisme untuk mendukung penyelesaian antar bank yang lancar dari simpanan tokenisasi melalui wCBDC untuk transaksi aset tokenisasi.

Baca juga: SWIFT Siap Luncurkan CBDC dan Tantang Mata Uang BRICS

Anggota Komunitas Arsitektur Ensemble

hashkey group
Sumber: CryptoSlate

Saat diluncurkan, Project Ensemble Architecture Community akan terdiri dari regulator seperti HKMA, Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong, BIS Innovation Hub Hong Kong Centre, dan Kelompok Pakar CBDC.

Sektor swasta diwakili oleh tujuh anggota, termasuk Bank of China (Hong Kong), Hang Seng Bank, HSBC, Standard Chartered Hong Kong, HashKey Group, Ant Digital Technologies, dan Microsoft Hong Kong.

Bersama-sama, perusahaan dan otoritas diharapkan untuk merancang dan meluncurkan Project Ensemble Sandbox, yang ditargetkan untuk diluncurkan sekitar pertengahan tahun 2024 untuk memfasilitasi penelitian dan pengujian lebih lanjut dari kasus penggunaan tokenisasi.

Secara keseluruhan, pembentukan Komunitas didasarkan pada berbagai pertimbangan yang cermat, termasuk keahlian anggota dalam berkontribusi pada pengembangan pasar tokenisasi di Hong Kong, pengalaman dan kompetensi di bidang yang relevan, dan kemampuan inovatif,” kata HKMA dalam pengumuman tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: