Data Menunjukkan bahwa Meski Harga Bitcoin Turun, Ordinals Tetap Mendominasi!

author:

Data Menunjukkan bahwa Meski Harga Bitcoin Turun, Ordinals Tetap Mendominasi!

Meskipun harga Bitcoin mengalami penurunan dan banyak yang berpendapat bahwa antusiasme seputar NFT Bitcoin telah mereda, inskripsi Ordinals tetap mendominasi aktivitas di jaringan Bitcoin. Dengan lebih dari 84,9% transaksi Bitcoin terkait dengan Ordinals, pertanyaan besar muncul: Apa yang sebenarnya terjadi di balik layar?

Statistik Mengungkap Dominasi Ordinals

perkembangan bitcoin ordinals
Sumber: Twitter

Pada 21 Agustus 2023, pengembang Ordinals, “Leonidas”, mengungkapkan bahwa dari 530.788 transaksi Bitcoin dalam 24 jam terakhir, 450.785 di antaranya terkait dengan Ordinals. Data dari Dune Analytics mendukung tren ini dengan melaporkan lebih dari 400.000 inskripsi ordinal pada 20 Agustus.

Baca juga: Tim Ordinals Bentuk “Open Ordinals Institute” Demi Pengembangan NFT Bitcoin!

Meskipun ada laporan yang menunjukkan penurunan volume penjualan dan perdagangan NFT yang dicetak di jaringan Bitcoin, aktivitas inskripsi tampaknya tetap tinggi. Ini menunjukkan bahwa inskripsi Ordinals masih menjadi bagian penting dari ekosistem Bitcoin.

Sementara itu, menurut Dune, telah ada 25,5 juta inskripsi Ordinals, menghasilkan $53,4 juta dalam biaya di jaringan Bitcoin.

perkembangan bitcoin ordinals
Inskripsi mingguan berdasarkan jenisnya. Sumber: Dune Analytics

Apa Itu Ordinals dan Mengapa Penting?

Ordinals adalah artefak aset non-fungible yang memungkinkan pencatatan data ke satoshi, bagian terkecil dari Bitcoin. Protokol ini diluncurkan pada bulan Januari, dan bulan-bulan berikutnya melihat lonjakan inskripsi dengan ribuan diantaranya dicetak di jaringan Bitcoin.

Inskripsi saat ini didominasi oleh pencetakan token BRC-20, dengan 1,9 juta di antaranya dicetak minggu lalu. BRC-20 adalah standar token eksperimental baru untuk Bitcoin, yang memungkinkan penciptaan, pencetakan, dan transfer token.

Meskipun ada kekhawatiran tentang kemacetan dan lonjakan biaya transaksi yang terjadi pada April dan Mei, inskripsi Ordinals tetap menjadi bagian integral dari jaringan.

Baca juga: Revolusi Bitcoin Dimulai: Bitcoin Frontier Fund Luncurkan Program Akselerator Ordinals!

Dampak Ordinals pada Ekosistem Bitcoin

Meskipun ada klaim bahwa “Ordinals sudah mati”, data menunjukkan bahwa mereka tetap menjadi bagian dominan dari aktivitas jaringan Bitcoin. Dengan lebih dari tiga perempat aktivitas jaringan terkait dengan Ordinals pada 20 Agustus, ini menunjukkan bahwa inskripsi tetap relevan dan penting.

Peneliti industri, Eric Wall, menambahkan bahwa selama seminggu, 54% transaksi di jaringan Bitcoin adalah Ordinals. Ini menunjukkan bahwa meskipun ada fluktuasi harga dan sentimen pasar, inskripsi Ordinals tetap menjadi bagian penting dari ekosistem.

Dengan kemampuan untuk mencatat data ke satoshi, Ordinals memberikan cara baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan jaringan Bitcoin dan menciptakan NFT di atasnya.

Meskipun ada banyak perubahan dalam ekosistem kripto, inskripsi Ordinals menunjukkan bahwa ada banyak cara inovatif untuk menggunakan teknologi blockchain. Dengan dominasi Ordinals di jaringan Bitcoin, ini menunjukkan bahwa ada potensi besar untuk inovasi lebih lanjut dan pertumbuhan di ruang ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: