Ordinals Digadang-gadang Bantu Aktivitas Jaringan LTC dan DOGE Melonjak, Kok Bisa?

author:

Ordinals Digadang-gadang Bantu Aktivitas Jaringan LTC dan DOGE Melonjak, Kok Bisa?

Berita terbaru dari dunia crypto satu ini cukup mencengangkan semua orang. Pasalnya, Ordinals, entitas tak dikenal sebelumnya, kini berhasil menghidupkan kembali jaringan Litecoin (LTC) dan Dogecoin (DOGE) yang sebelumnya terkesan tenang.

Dalam tiga minggu berturut-turut, aktivitas transaksi di kedua jaringan tersebut melonjak drastis, mengubah pandangan dunia akan dua mata uang crypto ini.

Ordinals Membuka Jalan untuk Litecoin dan Dogecoin?

Dilansir dari Watcher Guru (22/5/23), Ordinals pada Bitcoin memulai debutnya pada Januari 2023 dan telah menjadi topik diskusi hangat sejak saat itu. Inskripsi Ordinals sangat mirip dengan NFT tetapi memiliki sedikit perbedaan.

Sederhananya, mereka adalah aset digital yang dituliskan pada Satoshi, denominasi terendah Bitcoin. Peningkatan SegWit dan Taproot jaringan yang dilakukan untuk meningkatkan privasi dan efisiensi jaringan juga membuka pintu bagi inskripsi Satoshi.

Twitter

Selanjutnya, pada bulan Februari 2023, seorang pengembang melakukan fork proyek Ordinals ke blockchain PoW Litecoin. Pada saat itu, seorang pengguna Twitter pseudonim dengan nama pengguna indigo_nakamoto menawarkan sekitar 5 LTC (sekitar $500) atau Rp7,4 juta kepada siapa saja yang dapat mem-porting Ordinals ke Litecoin.

Baca juga: Jadwal Halving Litecoin Semakin Dekat! Mampukah LTC Tembus Rp1,4 Juta?

Hadiah tersebut kemudian dinaikkan menjadi 15 LTC dan 22 LTC. Termotivasi oleh hadiah tersebut, seorang insinyur perangkat lunak asal Australia, Anthony Guerrera, memposting sebuah repositori di GitHub yang mem-porting protokol Bitcoin Ordinals ke Litecoin.

Demikian juga orang-orang dari komunitas DOGE yang menyalin protokol Ordinals untuk menciptakan fungsi yang sama di Dogecoin. Mereka menamai protokol baru ini “Doginals”.

Transaksi Dogecoin dan Litecoin Meningkat

Lebih lanjut, pada awal Mei 2023, standar token LRC-20 dan DRC-20 diperkenalkan. Hal ini membuka pintu bagi para pengguna untuk membuat dan menerbitkan koin meme baru di jaringan Dogecoin dan juga Litecoin.

Sejak diperkenalkan, baik LRC-20 dan DRC-20 memiliki momentumnya sendiri dan kini terlihat melonjak selama tiga minggu berturut-turut.

Aktivitas jaringan terbaru di jaringan Litecoin dan Dogecoin. Sumber: BitInfoCharts

Seperti yang ditunjukkan data di atas, transaksi telah melonjak dan meroket di sekitar rekor tertinggi akhir-akhir ini.

Menurut data dari BitInfoCharts, pada tanggal 18 Mei 2023, Dogecoin mencapai rekor volume transaksi baru, dengan 1,2 juta transaksi dalam satu periode 24 jam. Selain itu, pada tanggal 10 Mei 2023, Litecoin juga telah mencapai volume transaksi harian tertinggi yang pernah ada dengan 584.000 transaksi.

Bitcoin Ordinals Juga Alami Peningkatan

Sementara itu, masuknya aktivitas yang monumental pada LTC dan DOGE terjadi pada saat yang sama ketika inskripsi Ordinals di jaringan Bitcoin mulai berjalan, dengan rekor 400.000 inskripsi harian pada tanggal 10 Mei 2023.

bitcoin ordinals peningkatan
Inskripsi Ordinals pada Bitcoin sejak Desember 2022. Sumber: Dune Analytics

Peningkatan inskripsi Bitcoin Ordinals dapat secara langsung dikaitkan dengan pengenalan standar token BRC-20, yang menurut data dari pemindai Ordinals brc-20.io, telah melihat lebih dari 24.000 token baru yang dicetak di blockchain Bitcoin. Masa depan dunia crypto selalu penuh dengan misteri, dan kejadian-kejadian baru ini hanya menambah daftar pertanyaan yang belum terjawab.

Baca juga: BRC-20: Standar Token Bitcoin Baru yang Guncang Dunia Crypto!

Kira-kira, apa yang akan dilakukan Ordinals selanjutnya? Bagaimana hal ini akan mempengaruhi Litecoin dan Dogecoin dalam jangka panjang? Dunia akan terus mengamati dan menunggu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan antisipasi yang cukup tinggi.


Referensi: