Terungkap! Optimisme Pasar Terhadap Ethereum Meningkat Jelang 2024!

author:

Terungkap! Optimisme Pasar Terhadap Ethereum Meningkat Jelang 2024!

Dilansir dari The Block (8/12/23), pasar crypto menunjukkan sinyal positif yang kuat, khususnya untuk Ether, menjelang tahun 2024. Data terbaru dari bursa derivatif Deribit mengungkapkan bahwa jumlah opsi call yang beredar jauh melampaui opsi put, menandakan ekspektasi kenaikan harga aset digital ini.

Lebih lanjut, analis pasar crypto menilai fenomena ini sebagai indikator bullish yang menjanjikan.

Analisis Rasio Put-Call Menjanjikan

Menurut Luuk Strijers, Chief Commercial Officer Deribit, rasio put-call untuk opsi Ethereum yang akan berakhir di akhir tahun adalah 0,44, yang berarti terdapat 4,4 opsi put dibandingkan dengan 10 opsi call. Namun, untuk bulan Januari 2024, rasio ini turun menjadi 0,19, yang mengindikasikan hanya 2 opsi put untuk setiap 10 opsi call, menunjukkan sentimen pasar yang lebih bullish.

Baca juga: Gokil! Whale Ethereum Ini Raup Keuntungan Fantastis Hingga Rp1,2 Triliun!

Sumber: The Block

Data dari Deribit juga menunjukkan bahwa jumlah opsi call yang beredar lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan opsi put menjelang tanggal kadaluwarsa 29 Desember 2023. Peningkatan jumlah opsi call ini mencerminkan keyakinan para trader bahwa harga ETH akan melonjak melebihi $2.500 menjelang akhir Desember.

Dalam 24 jam terakhir (8/12/23), Ethereum mengalami kenaikan lebih dari 1% dan diperdagangkan pada harga $2,348 pada pukul 12:15 siang ET.

Peningkatan Minat Terbuka Opsi Ether

minat terbuka ethereum
Minat terbuka Ethereum dari Strike Price

Jelang tanggal kadaluwarsa akhir bulan, kuartal, dan tahun pada 29 Desember 2023, terjadi peningkatan signifikan dalam minat terbuka opsi Ethereum. Strijers menambahkan bahwa tanggal kadaluwarsa Desember merupakan yang terbesar yang ada di Deribit saat ini.

Baca juga: Minat Terbuka Bitcoin Futures di CME Sentuh Angka Fantastis $5 Miliar!

Dari total $7 miliar dalam notional open interest opsi Ether, sekitar $3,3 miliar akan berakhir pada tanggal 29 Desember, hampir 50% dari total. Kenaikan minat terbuka ini menandakan masuknya dana baru ke pasar, yang menunjukkan partisipasi yang bertumbuh dan potensi likuiditas yang lebih besar. Ini juga menandakan masuknya trader yang lebih canggih ke pasar crypto dan janji akan penemuan harga yang lebih baik.

Opsi adalah kontrak derivatif yang memberikan hak kepada trader untuk membeli atau menjual aset dasar pada harga yang telah ditentukan pada atau sebelum tanggal tertentu.

Dengan adanya indikator bullish dari rasio put-call yang rendah dan peningkatan minat terbuka, pasar crypto khususnya Ethereum menunjukkan prospek yang cerah menjelang 2024.

Para investor dan trader tampaknya menaruh harapan tinggi pada kinerja aset digital ini, yang dapat menjadi sinyal bagi kamu untuk mempertimbangkan Ether dalam strategi investasi crypto kamu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: