Optimism (OP) Siap Lakukan Upgrade Ecotone untuk Meningkatkan Penskalaan pada 14 Maret!

author:

Optimism (OP) Siap Lakukan Upgrade Ecotone untuk Meningkatkan Penskalaan pada 14 Maret!

Optimism (OP), salah satu jaringan Layer 2 terkemuka di Ethereum, bersiap untuk melakukan upgrade besar-besaran yang disebut Ecotone.

Peningkatan ini akan membawa teknologi EIP 4844 ke jaringan Optimism, yang dijadwalkan akan diluncurkan pada tanggal 14 Maret 2024 pukul 00:00:01 UTC.

Optimism (OP) Luncurkan Upgrade Ecotone

upgrade oprimism ecotone
Sumber: X

Upgrade Ecotone akan mengintegrasikan Ethereum Improvement Proposal (EIP) 4844, sebuah perubahan protokol yang sangat dinantikan yang memperkenalkan “blobs” ke Ethereum.

Baca juga: Harga Arbitrum (ARB) dan Optimism (OP) Tercatat Melonjak Hampir Menyentuh Rekor Tertinggi!

Blobs adalah kumpulan data besar yang dapat diproses lebih efisien, mengurangi beban pada Ethereum mainnet dan menurunkan biaya transaksi. Operator node di jaringan Optimism didorong untuk mempersiapkan peningkatan dengan mengikuti instruksi terperinci yang disediakan oleh OP Labs.

Panduan peningkatan, yang tersedia di situs web dokumentasi Optimism, menguraikan langkah-langkah untuk memastikan transisi yang lancar. Konfigurasi node yang ada akan memerlukan penyesuaian, seperti konfigurasi titik akhir Beacon baru, karena setelah aktivasi Ecotone, transaksi batch akan dikirim sebagai blobs 4844.

Blobs ini hanya dapat diambil dari node Beacon, yang mengharuskan operator node memiliki akses ke klien Beacon.

EIP 4844 Hadir di Optimism

Dengan dukungan EIP-4844, ekosistem Ethereum melanjutkan perjalanannya menuju masa depan yang lebih skalabel dan hemat biaya. Solusi Layer 2 lainnya juga sedang dalam proses menerapkan strategi penskalaan mereka, seperti yang disorot oleh laporan terbaru tentang kompresi data dan pengoptimalan sirkuit yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Pengumuman peningkatan Ecotone datang di tengah kesibukan aktivitas dalam ekosistem Ethereum. Putaran pendanaan terbaru Eigen Labs sebesar $100 juta, yang dipimpin oleh perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz (a16z), dan protokolnya mendekati $8 miliar dalam Total Value Locked (TVL) merupakan bukti kepercayaan yang tumbuh pada solusi Layer 2 Ethereum.

Keyakinan ini semakin diperkuat oleh fakta bahwa, seperti yang dilaporkan, enam dari dua puluh kontrak yang paling banyak menghabiskan gas di Ethereum Layer 1 adalah milik Layer 2 serbaguna.

Baca juga: 5 Crypto Layer-2 dengan Market Cap Tertinggi di Februari 2024

Dampak EIP 4844 pada Biaya Transaksi

Implementasi peningkatan Ecotone yang berhasil dapat menjadi preseden untuk pengembangan Layer 2 di masa mendatang dan memperkuat posisi Optimism sebagai pemimpin dalam ruang solusi penskalaan.

Peningkatan throughput transaksi dan pengurangan biaya yang potensial pada jaringan Optimism menjanjikan masa depan yang cerah bagi ekosistem Ethereum yang lebih luas.

Secara keseluruhan, upgrade Ecotone dari Optimism merupakan langkah maju yang signifikan bagi jaringan Optimism dan ekosistem Ethereum secara keseluruhan.

Dengan integrasi EIP-4844, Optimism akan menjadi salah satu jaringan Layer 2 pertama yang mengadopsi teknologi ini, menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah dan skalabilitas yang lebih baik bagi para pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Inside Bitcoins