Diperingatkan oleh Pesaing, Optimism Diam-diam Menambal Kerentanan Jaringan Uji

author:

Diperingatkan oleh Pesaing, Optimism Diam-diam Menambal Kerentanan Jaringan Uji

Jakarta, Pintu News – Jaringan Layer 2 Optimism baru-baru ini telah memperbaiki dua kerentanan kritis pada jaringan uji mereka, setidaknya beberapa minggu setelah mengetahuinya.

Offchain Labs, yang pertama kali mengidentifikasi kerentanan tersebut, menyatakan bahwa Optimism memperbarui jaringan uji mereka pada tanggal 25 April.

Kerentanan keamanan yang telah diperbaiki ini memungkinkan pelaku kejahatan untuk memanipulasi riwayat rantai dan melakukan “serangan halus” lainnya, kata perusahaan perangkat lunak tersebut.

Kerentanan Jaringan Uji Optimism

Pada tanggal 22 Maret, Offchain Labs memperingatkan Optimism tentang dua masalah dengan jaringan uji mereka: Pelaku kejahatan dapat memaksa mekanisme bukti penipuan OP Stack untuk menerima riwayat rantai yang curang, dan seorang eksploiter dapat mencegahnya menerima riwayat rantai yang benar.

Baca juga: Optimism Jual Token Senilai $90 Juta dalam Transaksi Privat: Gebrakan atau Kontroversi?

“Ini adalah masalah yang sulit untuk dipecahkan,” kata Offchain Labs, yang merupakan pesaing Optimism, dalam pernyataannya. Mereka menambahkan bahwa protokol bukti penipuan dan aspek waktu mereka “sangat sulit” untuk dirancang.

Menurut Offchain Labs, Optimism telah memodifikasi kode penanganan pengatur waktu mereka untuk memperbaiki kerentanan tersebut. Jaringan uji Layer 2, atau jaringan uji, ada untuk mengidentifikasi kelemahan keamanan jaringan sebelum peluncuran resminya.

Dampak Kerentanan pada Optimism

Kerentanan ini dapat berdampak signifikan pada Optimism jika tidak segera ditangani. Pelaku kejahatan dapat memanipulasi riwayat rantai untuk mencuri dana pengguna atau melakukan transaksi curang lainnya.

Mereka juga dapat mencegah jaringan menerima riwayat rantai yang benar, yang dapat menyebabkan jaringan macet atau tidak dapat digunakan.

Optimism telah mengambil langkah cepat untuk memperbaiki kerentanan ini, tetapi penting bagi pengguna untuk tetap waspada. Pengguna harus selalu menggunakan perangkat lunak terbaru dan berhati-hati saat melakukan transaksi.

Baca juga: Top 5 Optimism Ecosystem Token 2024: USDT, USDC, LINK, UNI, DAI

Masa Depan Optimism

Optimism adalah jaringan Layer 2 yang menjanjikan yang memiliki potensi untuk meningkatkan skalabilitas dan keamanan Ethereum. Namun, kerentanan keamanan baru-baru ini menunjukkan bahwa masih ada beberapa tantangan yang harus diatasi.

Optimism harus terus bekerja untuk meningkatkan keamanan jaringan mereka dan memastikan bahwa mereka dapat melindungi pengguna dari serangan. Jika mereka berhasil, Optimism dapat menjadi pemain utama dalam ekosistem Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: RockX