Terobosan Baru di Dunia Crypto! Optimism Luncurkan Fault-Proof System di Testnet

author:

Terobosan Baru di Dunia Crypto! Optimism Luncurkan Fault-Proof System di Testnet

OP Labs, pengembang jaringan Optimism, baru-baru ini meluncurkan versi testnet dari Fault-Proof System (sistem tahan kesalahan) mereka. Langkah ini diambil dalam upaya untuk mencapai desentralisasi dan efisiensi yang lebih tinggi dalam Superchain. Sistem ini saat ini telah diterapkan di jaringan Optimism Goerli.

optimism luncurkan fault proof system
Penjelajah blok Goerli Optimism – Sumber Etherscan

Sejauh ini, jaringan berbasis OP Stack seperti Optimism dan Base menggunakan sequencer terpusat untuk mengumpulkan transaksi dan mengirimkannya ke Ethereum. Sequencer ini menciptakan titik kegagalan tunggal; pengguna tidak dapat memblokir sequencer jika mereka mengirimkan data yang salah.

Hal ini membuat jaringan rentan terhadap aktivitas penipuan. Namun, Fault-Proof System dari OP Labs berjanji untuk mengurangi risiko ini. Sistem ini terdiri dari tiga komponen utama: fault-proof program (FPP), fault-proof virtual machine (FPVM), dan “protokol permainan sengketa”.

Selain itu, sistem ini memungkinkan setiap jaringan untuk “membuat sistem tahan kesalahan khusus”, yang berpotensi meningkatkan keamanan di seluruh Superchain Optimism.

Baca juga: Bitcoin Hadir di Cosmos dengan Jembatan Nomics Baru!

Keamanan Jaringan yang Beradaptasi

optimism luncurkan fault proof system
Sumber: Unsplash

Lebih lanjut, sistem yang baru diluncurkan ini menunjukkan fleksibilitas yang luar biasa. Ini membuka jalan bagi setiap jaringan untuk menyesuaikan langkah-langkah pencegahan penipuan mereka.

Akibatnya, jaringan dapat memutuskan untuk menggunakan teknologi keamanan lain seperti bukti pengetahuan nol (ZK-proofs) sebagai jenis bukti penipuan. Secara signifikan, OP Labs membayangkan kerangka kerja inovatif ini sebagai batu penjuru untuk Superchain, jaringan blockchain yang saling terhubung yang telah mereka kerjakan dengan gigih.

Langkah terbaru dari OP Labs ini tidak hanya memperkuat jaringan Optimism tetapi juga menandakan pergeseran industri menuju desentralisasi.

CEO OP Labs, Karl Floersch, menunjukkan bahwa sistem tahan kesalahan ini dibangun dari upgrade Bedrock dan dirancang untuk menyiapkan tahap kedua desentralisasi proyek.

Saat peluncuran mainnet, desain ikatan akan dimasukkan untuk mendukung secara finansial sequencer yang berpartisipasi dalam jaringan. Jika sequencer terbukti melakukan aktivitas penipuan, ikatannya akan dipotong dan didistribusikan kembali ke verifikator.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: