Optimism Jual Token Senilai $90 Juta dalam Transaksi Privat: Gebrakan atau Kontroversi?

author:

Optimism Jual Token Senilai $90 Juta dalam Transaksi Privat: Gebrakan atau Kontroversi?

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan komunitas crypto, Optimism Foundation, organisasi di balik blockchain Ethereum layer-2 Optimism, mengumumkan penjualan privat sekitar 19,5 juta token tata kelola mereka.

Dengan nilai pasar token OP sekitar $4,62, jumlah token yang dijual ini bernilai sekitar $90 juta. Apakah ini sebuah gebrakan strategis atau sebuah langkah yang menuai kontroversi?

Penjualan Besar dengan Masa Tunggu

optimism layer 2
Sumber: Unsplash

Penjualan ini mencakup periode vesting selama dua tahun, yang melarang pembeli untuk menjual token sebelum waktu tersebut.

Meskipun Optimism Foundation melepas sejumlah besar token, mereka menekankan bahwa pembeli masih dapat menggunakan token untuk partisipasi dalam tata kelola selama masa lock-up.

Baca juga: Optimism (OP) Siap Lakukan Upgrade Ecotone untuk Meningkatkan Penskalaan pada 14 Maret!

Token yang dijual berasal dari “bagian yang tidak dialokasikan dari kas token OP” Optimism Foundation.

Aset-aset ini merupakan bagian dari anggaran kerja awal organisasi, yang merupakan 30% dari pasokan token OP awal.

Reaksi Komunitas: Antara Dukungan dan Kritik

Pengumuman ini memicu diskusi di antara komunitas crypto, dengan beberapa orang melihat penjualan ini secara negatif, sementara yang lain membela yayasan.

Anthony Sassano, seorang pendukung Ethereum, menyatakan bahwa meskipun ia menyukai Optimism dan telah berinvestasi di dalamnya, penjualan privat tanpa transparansi “meninggalkan rasa yang tidak enak”.

Namun, anggota komunitas lain berargumen bahwa tim di balik Optimism juga perlu mencari nafkah. Ini bukan pertama kalinya Optimism melakukan penjualan privat token mereka.

Pada 21 September 2023, jaringan tersebut mentransfer 116 juta token OP, senilai sekitar $160 juta saat itu, setelah penjualan privat.

Baca juga: Ethereum Staking Capai $116 Miliar: Gelombang Baru Sebelum Upgrade Dencun!

Dampak dan Implikasi

Meskipun ada kekhawatiran bahwa penjualan ini dapat mempengaruhi harga secara negatif, token tersebut juga tunduk pada lockup dua tahun, yang berarti mereka tidak langsung mempengaruhi harga token.

Langkah ini menimbulkan pertanyaan tentang keseimbangan antara kebutuhan pendanaan yayasan dan kepentingan komunitas yang lebih luas.

Penjualan privat token OP oleh Yayasan Optimism menandai momen penting dalam ekosistem crypto, dengan potensi dampak yang signifikan terhadap persepsi dan nilai token.

Meskipun ada beberapa kontroversi, langkah ini juga menunjukkan kebutuhan organisasi crypto untuk mendanai operasi dan inisiatif mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CryptoSlate