Optimism (OP) Bagikan Jadwal Upgrade ‘Bedrock’, Apa Saja Keunggulannya?

author:

Optimism (OP) Bagikan Jadwal Upgrade ‘Bedrock’, Apa Saja Keunggulannya?

Tanggal 6 Juni 2023 menjadi hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh pecinta Ethereum. Mengapa? Karena pada tanggal tersebut, Optimism (OP), solusi skalabilitas Ethereum, akan meluncurkan upgrade terbesarnya, Bedrock.

Upgrade ini diharapkan dapat memberikan dorongan besar bagi kapabilitas Ethereum di pasar Layer-2 (L2).

Optimism Umumkan Jadwal Upgrade Bedrock

bedrock optimism juni 2023
Twitter

Pada 16 Mei 2023, akun Twitter resmi Optimism membagikan sebuah pengumuman terkait jadwal upgrade Bedrock. Berdasarkan cuitan tersebut, upgrade Bedrock Optimism akan dilakukan pada tanggal 6 Juni 2023.

“Pada hari peningkatan, transaksi, setoran, dan penarikan tidak akan tersedia selama downtime, dan rantai OP Mainnet tidak akan berkembang,” demikian isi posting blog yang disematkan dalam cuitan.

Secara singkat, Optimism (OP) merupakan solusi skalabilitas Ethereum yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi transaksi. Bedrock, sebagai upgrade terbesarnya, diharapkan dapat memperkuat posisi Ethereum dalam kompetisi pasar L2.

Menurut laporan, Bedrock dirancang untuk membawa sejumlah peningkatan signifikan, termasuk peningkatan kecepatan transaksi dan kapabilitas untuk menangani volume transaksi yang lebih besar. Ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang jauh lebih baik bagi pengguna Ethereum.

Baca juga: Resmi Luncurkan V2, Harga Lido (LDO) Naik 12%!

Pada tanggal 6 Juni 2023, ketika upgrade Bedrock diluncurkan, komunitas di seluruh dunia akan melihat apakah Optimism (OP) dapat benar-benar ‘mengoptimalkan’ Ethereum dan membawa perubahan besar bagi industri blockchain.

Apa Saja Keunggulan Upgrade Bedrock?

Dengan peluncuran Bedrock, banyak yang bertanya-tanya apakah upgrade ini akan cukup kuat untuk mengguncang dominasi pasar L2 saat ini. Faktanya, saat ini, pasar L2 dikuasai oleh beberapa pemain besar, namun dengan peningkatan yang ditawarkan oleh Bedrock, Ethereum bisa saja menjadi pemimpin baru.

“Bedrock meningkatkan pendahulunya dengan mengurangi biaya transaksi menggunakan kompresi batch yang dioptimalkan dan Ethereum sebagai lapisan ketersediaan data, memperpendek penundaan dalam memasukkan transaksi L1 dalam rollup dengan menangani re-organisasi L1 dengan lebih anggun,” demikian bunyi penjelasan Bedrock dari komunitas Optimism.

Selain itu, jaringan juga akan melihat waktu setoran yang lebih singkat, dengan Optimism (OP) yang berubah dari sekitar 10 menit untuk mengonfirmasi setoran menjadi hanya tiga menit, kata penjelasannya.

Menurut proposal awal tersebut, peningkatan baru akan menawarkan “tingkat modularitas, kesederhanaan, dan kesetaraan Ethereum yang baru untuk solusi layer-2, memberikan kinerja dan fungsionalitas yang belum pernah terjadi sebelumnya.”

Apa yang akan Terjadi Setelah Peluncuran Bedrock?

optimism eas

Meski ada banyak harapan dan spekulasi tentang dampak Bedrock, yang sebenarnya hanya dapat ditentukan setelah peluncuran resminya. Pasar akan memantau dengan saksama bagaimana upgrade ini berdampak pada performa Ethereum.

Peluncuran ini juga akan menjadi tes bagi Optimism (OP). Jika upgrade ini berhasil dan membawa peningkatan yang signifikan, ini bisa menjadi momentum penting bagi perusahaan dan Ethereum secara keseluruhan.

Mengutip laporan Cointelegraph, kinerja perangkat lunak node akan ditingkatkan secara signifikan dengan memungkinkan eksekusi beberapa transaksi dalam satu ‘blok’ rollup dibandingkan dengan model ‘satu transaksi per blok’ pada versi sebelumnya.

Peningkatan utama lainnya adalah kompatibilitas jaringan dengan Ethereum Virtual Machine (EVM), perangkat lunak inti yang menjalankan kontrak pintar Ethereum.

Baca juga: CEO OpenAI Persiapkan Ledakan Besar dalam Crypto dengan Pendanaan Rp1,4 Triliun

Dengan Bedrock, jaringan akan menghapus “beberapa penyimpangan” dari Ethereum dan EVM yang saat ini ada di Optimism, seperti perbedaan kode, pola desain, dan model transaksi per blok. “Bedrock juga menambahkan dukungan untuk EIP-1559, chain re-orgs, dan fitur Ethereum lainnya yang ada di L1,” bunyi penjelasannya.


Referensi: