Opera Gandeng Celo Blockchain untuk Meluncurkan Dompet Stablecoin di Afrika

author:

Opera Gandeng Celo Blockchain untuk Meluncurkan Dompet Stablecoin di Afrika

Opera Mini, salah satu peramban web yang banyak digunakan, mengumumkan rencana peluncuran dompet non-custodial baru dalam kemitraan dengan Celo Blockchain. Dengan integrasi ini, pengguna di Afrika akan dapat mengakses, membeli, dan berdagang stablecoin dengan mudah melalui MiniPay.

Fitur Unggulan MiniPay

opera bekerjasama dengan celo
Sumber: Twitter

MiniPay memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran hanya dengan menggunakan nomor telepon, menandai kemajuan signifikan dalam pembayaran seluler. Dompet ini memiliki ukuran hanya 2 megabyte namun menawarkan kecepatan transaksi yang cepat, memungkinkan transfer dalam kurang dari 5 detik.

Dompet ini mendukung berbagai metode pembayaran lokal, termasuk Airtime, MPesa, transfer bank, dan pembayaran kartu. Transaksi di MiniPay cepat dan mulus dengan biaya gas minimal, berkat penggunaan token ERC-20 seperti stablecoin.

MiniPay juga memudahkan proses onboarding bagi pengguna baru dengan menghilangkan langkah “Connect Wallet” yang biasanya diperlukan bagi pengguna yang akrab dengan web3, memungkinkan integrasi yang lebih mulus dengan kredensial Google.

Fokus pada Pasar Afrika

Meskipun dompet dapat diakses oleh pengguna di seluruh dunia, MiniPay dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pasar Afrika. Keputusan ini didasarkan pada tantangan yang dihadapi oleh wilayah tersebut, termasuk infrastruktur yang tidak memadai, tingkat pengangguran yang tinggi, dan volatilitas mata uang.

Peluncuran awal MiniPay akan difokuskan pada pengguna di Nigeria, dengan rencana peluncuran berikutnya di Kenya, Ghana, dan Afrika Selatan.

Jørgen Arnesen, Executive Vice President of Opera Mobile, menekankan bahwa MiniPay adalah kolaborasi antara Opera dan Celo Foundation yang bertujuan untuk mengatasi tantangan pembayaran di wilayah tersebut.

Opera dan Dedikasi untuk Web3

Opera Mini, dengan warisan 17 tahun dan lebih dari 300 juta pengguna global, kini berfungsi sebagai saluran bagi Celo untuk memperkenalkan jutaan pengguna internet seluler Afrika ke Web3.

Celo co-founder, Rene Reinsberg, mengatakan bahwa integrasi MiniPay ke Opera Mini akan memberikan pengguna pengalaman yang mulus dengan transaksi cepat dan transparan di blockchain Celo.

Ini bukan kali pertama Opera Mini menjelajahi Web3. Pada Januari 2022, Opera pernah mengumumkan versi beta dari dompet non-custodial yang siap untuk Web3.

Dengan peluncuran MiniPay, Opera menunjukkan komitmennya untuk memajukan teknologi Web3 dan memperluas akses keuangan digital di Afrika. Kolaborasi ini menjanjikan era baru dalam pembayaran seluler dan keuangan digital di benua tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: