OpenSea Tinggalkan Binance Smart Chain Demi Fokus pada Solusi Layer-2

author:

OpenSea Tinggalkan Binance Smart Chain Demi Fokus pada Solusi Layer-2

OpenSea, pasar Web3 terkemuka untuk NFT (Non-Fungible Token), telah mengumumkan keputusannya untuk menghentikan dukungan terhadap Binance Smart Chain (BSC), salah satu blockchain layer-1 utama. Keputusan ini diambil setelah satu tahun integrasi dengan BSC, menandai pergeseran strategis OpenSea menuju solusi layer-2.

Alasan di Balik Keputusan OpenSea

pengumuman opensea nft
Sumber: Twitter

Dalam sebuah unggahan di Twitter pada 19 Agustus 2023, OpenSea mengumumkan bahwa para pengguna tidak dapat lagi membuat daftar baru atau membuat penawaran baru di BSC NFT.

Baca juga: OpenSea Luncurkan Fitur Baru “Deals”, Bagaimana Cara Kerjanya?

Lebih lanjut, OpenSea menjelaskan bahwa keputusan ini didorong oleh keinginan untuk fokus pada inisiatif yang paling menjanjikan. Biaya untuk terus mendukung BSC dinilai lebih besar daripada dampak yang diberikan, sehingga memicu keputusan ini.

Meskipun dukungan resmi untuk BSC telah dihentikan, pengguna masih dapat melihat, menemukan, dan mentransfer NFT BSC di dalam platform OpenSea.

Fokus pada Solusi Layer-2

Solusi layer-2 menawarkan kecepatan transaksi yang lebih cepat dan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan blockchain layer-1. Selain itu, solusi ini semakin mendapatkan traksi di kalangan pengembang dan pengguna.

Berdasarkan cuitan Twitternya, OpenSea telah menambahkan dukungan untuk solusi layer-2 seperti Coinbase’s Base dan Zora, menunjukkan komitmen mereka terhadap inovasi teknologi. Keputusan OpenSea untuk berfokus pada solusi layer-2 mungkin juga dipengaruhi oleh tren yang sedang berlangsung di industri blockchain.

Baca juga: Saingi Blur, OpenSea Luncurkan ‘OpenSea Pro’. Khusus Trader NFT Profesional?

Dampak Strategis dari Keputusan Ini

opensea luncurkan fitur baru "deals"
Artnet News

Dengan meninggalkan dukungan untuk BSC, OpenSea menunjukkan pendekatan strategis mereka untuk tetap unggul di pasar NFT yang kompetitif. Seiring evolusi ekosistem NFT, perusahaan seperti OpenSea harus beradaptasi dengan dinamika pasar dan preferensi pengguna yang berubah.

Pada akhirnya, keputusan OpenSea untuk meninggalkan Binance Smart Chain dan fokus pada solusi layer-2 menunjukkan visi jangka panjang mereka untuk industri NFT. Dengan perubahan strategis ini, OpenSea berupaya memastikan bahwa mereka tetap berada di garis depan inovasi di ruang NFT yang terus berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: