OpenSea Luncurkan Standar Baru dan Roadmap untuk NFT yang Dapat Ditukar

author:

OpenSea Luncurkan Standar Baru dan Roadmap untuk NFT yang Dapat Ditukar

OpenSea, platform jual beli NFT (Non-Fungible Token) yang terkenal, baru-baru ini mengumumkan peluncuran standar baru untuk NFT yang dapat ditukar. Langkah ini diambil untuk memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat di industri game, fashion, dan hiburan. Dengan standar baru ini, pemegang NFT akan dapat membuka konten bonus dan melacak statusnya dengan lebih aman dan efisien.

Fitur Baru dari OpenSea: Lebih dari Sekadar NFT

opensea luncurkan standar baru
Sumber: Twitter

Menurut pengumuman yang dibagikan 29 Agustus 2023, OpenSea telah menerbitkan dua Permintaan Komentar Ethereum (ERC-7496 dan ERC-7498) dan dua Proposal Peningkatan Pelabuhan (SIP-14 dan SIP-15) untuk mendorong ekosistem yang dapat ditukarkan.

Baca juga: OpenSea Tinggalkan Binance Smart Chain Demi Fokus pada Solusi Layer-2

Menurut laporan, standar pertama memungkinkan para kreator untuk meluncurkan koleksi yang dapat ditukar dengan NFT lain, sementara standar kedua memungkinkan token yang dapat ditukar dengan barang fisik dan pengalaman.

Lebih lanjut, OpenSea juga akan mengimplementasikan fasilitas ‘trait redemption’ yang akan menggunakan NFT dinamis untuk mengubah penampilan item saat mengklaim konten bonus. Ini berarti, kolektor tidak hanya mendapatkan manfaat dari NFT, tetapi juga dapat melihat perubahan fisik dari NFT tersebut.

Selain itu, pengguna juga akan memiliki alat untuk melacak status NFT dan melakukan penukaran langsung dalam lingkungan OpenSea. Saat membeli NFT, kolektor juga akan menerima notifikasi yang memberi tahu mereka tentang klaim yang belum diselesaikan pada item tersebut.

OpenSea Luncuran ‘Burnie’ Gratis

Untuk menunjukkan kekuatan dari standar token baru ini, OpenSea telah meluncurkan ‘Burnie’ mint secara gratis. Kolektor dapat langsung mencoba fungsionalitas baru ini dengan memperoleh telur NFT Burnie melalui jaringan Ethereum dengan membayar biaya gas nominal.

Kemudian, para kolektor dapat menavigasi ke halaman item di dompet mereka untuk menukarkannya dengan token yang sudah menetas, yang OpenSea janjikan akan memiliki utilitas ekstra di masa depan.

Baca juga: Perusahaan Kartu Kredit Korea Ajukan Paten untuk Resi Berbasis NFT, Bagaimana Cara Kerjanya?

Roadmap OpenSea untuk Standar NFT yang Dapat Ditukar

Meskipun standar token yang dapat ditukar ini masih dalam tahap awal, OpenSea telah meminta bantuan dan umpan balik untuk mengembangkan teknologi ini lebih lanjut. Ini adalah kesempatan bagi komunitas untuk berpartisipasi dalam membentuk masa depan NFT yang lebih interaktif dan berfungsi lebih dari sekadar objek koleksi.

Selain itu, OpenSea juga membagikan roadmap untuk barang yang dapat ditukarkan. Isi roadmap tersebut diantaranya merilis standar redeemable ke publik dan mengundang masukan dan kolaborasi, fokus akan bergeser ke penukaran on-chain dan penukaran sifat, menyederhanakan penukaran off-chain bagi para kreator dengan memperluas standar penukaran on-chain, serta mempertimbangkan kemitraan untuk solusi tanpa kode, sehingga memudahkan kreator untuk memberikan penebusan off-chain.

Secara keseluruhan, dengan peluncuran standar baru ini, OpenSea tidak hanya memperkaya ekosistem NFT tetapi juga membuka peluang baru bagi kreator dan kolektor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: