Saingi Blur, OpenSea Luncurkan ‘OpenSea Pro’. Khusus Trader NFT Profesional?

Saingi Blur, OpenSea Luncurkan ‘OpenSea Pro’. Khusus Trader NFT Profesional?

Baru-baru ini, NFT marketplace OpenSea mengatakan bahwa mereka telah meluncurkan ‘OpenSea Pro’, sebuah marketplace dengan fitur-fitur canggih yang menargetkan market yang sedang berkembang untuk para trader NFT profesional.

Seperti apa OpenSea Pro tersebut? Apa perbedaanya dengan OpenSea yang sebelumnya? Simak berita lengkapnya berikut ini!

OpenSea Luncurkan ‘OpenSea Pro’, Apa Saja Fiturnya?

fitur opensea pro
Sumber: Crypto Daily

Dilansir dari Coindesk, produk baru ini merupakan perubahan nama dari Gem v2, yang merupakan versi terbaru dari platform agregasi NFT Gem. OpenSea mengakuisisi Gem pada April 2022, dengan rencana untuk menghadirkan alat perdagangan profesionalnya kepada pengguna OpenSea.

OpenSea Pro akan beroperasi dengan biaya 0% dan menarik daftar di 170 pasar untuk memberikan penawaran terbaik bagi para trader.

OpenSea Pro akan mendukung “floor sweeping” tingkat lanjut untuk para trader, penjualan instan, manajemen inventaris, kemampuan untuk mengoptimalkan gas fee untuk perdagangan yang efisien, fitur daftar pantauan, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga akan tersedia di perangkat seluler.

Baca Juga: Gara-Gara Opening Hotel, Harga Koleksi NFT Wassies di OpenSea Melonjak 20%?

Devin Finzer, CEO OpenSea, mengatakan kepada CoinDesk bahwa Gem telah membantu OpenSea membangun OpenSea Pro untuk menjadi alat perdagangan NFT yang paling efisien di market.

“[Gem v1] luar biasa, Anda tahu, ini adalah alat agregator yang luar biasa, tetapi ini benar-benar merupakan langkah dramatis darinya. Ini sangat cepat, sangat real time. Ini benar-benar pengalaman pengguna tercepat untuk membeli NFT,” ujar Finzer, dikutip dari Coindesk, Rabu (5/4/2023).

Persaingan OpenSea vs. Blur

opensea vs blur
Sumber: Coinmarketcap

Persaingan untuk pangsa pasar volume perdagangan NFT antara OpenSea dan Blur meningkat pesat sejak peluncuran market pada bulan Oktober 2022. Hal ini membuat OpenSea menurunkan biaya pasar yang diwajibkan menjadi 0% untuk menarik perhatian para trader Blur.

OpenSea mengatakan dalam peluncuran OpenSea Pro, mereka mengembalikan biaya marketplace ke platform utama sebesar 2,5%.

“Tentu saja sehubungan dengan biaya, kami akan terus menginvestasikan pendapatan kembali untuk membuat industri yang lebih kuat,” kata Finzer.

Baca Juga: ‘Takut’ Masuk Daftar Hitam Opensea, NFT Marketplace Ini Rela Ubah Kebijakan Royaltinya

Sementara langkah OpenSea untuk merilis OpenSea Pro datang pada saat market berada dalam persaingan sengit untuk posisi teratas dengan Blur, Finzer menetapkan bahwa OpenSea akan tetap fokus pada penyediaan alat dan peningkatan untuk trader dan kreator, termasuk berfokus pada kemitraan baru, dan standar smart contract.

“Kami berinvestasi pada fitur-fitur yang sangat menarik yang memudahkan orang untuk menjelajahi dan membeli NFT pertama mereka dan kemudian benar-benar mendorong kasus penggunaan NFT ke depan,” ujar Finzer.

Referensi: