Aplikasi Chat Berbasis Blockchain Ini Luncurkan Fitur ‘Komunitas’ untuk Bersaing dengan Discord

author:

Aplikasi Chat Berbasis Blockchain Ini Luncurkan Fitur ‘Komunitas’ untuk Bersaing dengan Discord

OpenChat, aplikasi chat berbasis blockchain yang berjalan di jaringan Internet Computer (ICP), telah memungkinkan pengguna untuk membuat server mirip Discord yang disebut “Komunitas,” menurut pengumuman pada 2 Agustus 2023 kemarin.

OpenChat dan Fitur ‘Komunitas’ Baru

Prototipe UX awal untuk Komunitas OpenChat. Sumber: OpenChat

OpenChat adalah aplikasi obrolan berbasis blockchain yang berjalan di jaringan Internet Computer (ICP). Aplikasi ini memfasilitasi sebagian besar grup obrolan yang berorientasi pada crypto, termasuk beberapa grup dengan beberapa ribu anggota. LootMoneyArmy (3.201 anggota), Magnetic (2.703 anggota) dan DFinityVN (2.597 anggota) adalah beberapa contoh grup OpenChat.

Baca juga: ConsenSys Rilis Alat Keamanan Otomatis ‘Diligence Fuzzing’ untuk Smart Contract!

Tim pengembangan pertama kali mengumumkan fitur Komunitas pada bulan Februari 2023 lalu. Saat itu, mereka mengamati bahwa pengguna menggunakan OpenChat untuk alasan yang berbeda dari yang awalnya diantisipasi.

Sementara pengembang awalnya bermaksud Komunitas digunakan sebagai aplikasi pesan instan mirip WhatsApp atau Signal, pengguna akhir tampaknya lebih tertarik menggunakan aplikasi untuk membentuk grup publik dan membangun komunitas.

Membuat OpenChat Lebih Efektif

aplikasi chat blockchain
Sumber: Mirror.xyz

Lebih lanjut, pengembang menjelaskan bahwa OpenChat tidak memiliki sistem hirarkis yang digunakan dalam aplikasi seperti Discord atau Slack. Ini mencegah admin grup dari membuat subgrup untuk menjaga percakapan tetap fokus pada topik tertentu, akhirnya membuat grup di OpenChat kurang efektif dari yang seharusnya.

Tim berjanji untuk memperbaiki masalah ini dengan menerapkan Komunitas di masa depan, membuat aplikasi lebih cocok untuk pengguna yang tertarik bergabung dengan grup.

Integrasi Komunitas dan Masa Depan OpenChat

Dalam sebuah percakapan dengan Cointelegraph, salah satu pendiri OpenChat, Julian Jelfs, mengatakan bahwa fitur baru ini pada akhirnya akan memungkinkan proyek untuk mengintegrasikan Komunitas Openchat secara langsung ke situs web mereka sendiri, sehingga tidak perlu lagi menggunakan aplikasi eksternal, seperti Discord atau Slack.

Baca juga: Lebih dari Sekedar Mata Uang, New Bitcoin City Kembangkan Game Arcade Berbasis Bitcoin!

“Satu hal penting lainnya dalam roadmap yang akan difasilitasi oleh Communities adalah menyediakan integrasi ke aplikasi lain dalam ekosistem. Ada banyak aplikasi lain yang ingin memiliki fungsi obrolan di dalamnya, tetapi tidak ingin mengirimkan penggunanya ke luar situs web atau aplikasi mereka.”

Jelfs menjelaskan bahwa tim sedang bereksperimen dengan beberapa desain untuk sistem “integrasi Komunitas” di masa depan. Salah satu konsep adalah menyediakan “sinkronisasi server-ke-server” antara OpenChat dan setiap proyek.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: