OpenAI: Valuasi Melonjak, Luncurkan Sora, dan Ambisi Besar di Bidang Chip!

OpenAI: Valuasi Melonjak, Luncurkan Sora, dan Ambisi Besar di Bidang Chip!

OpenAI, perusahaan kecerdasan buatan (AI) yang berbasis di San Francisco, baru-baru ini menandatangani kesepakatan yang meningkatkan valuasinya menjadi lebih dari $80 miliar. Kenaikan ini menandai peningkatan hampir tiga kali lipat dalam waktu kurang dari 10 bulan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Valuasi Meroket

open ai chip
Sumber: TechCrunch

Menurut laporan The New York Times, OpenAI berencana untuk menjual saham saat ini dalam tender offer yang dipimpin oleh Thrive Capital. Pendekatan ini memungkinkan karyawan untuk menjual saham mereka, berbeda dari putaran pendanaan standar untuk mengumpulkan modal bagi operasi bisnis.

Pada tahun 2023, perusahaan modal ventura Thrive Capital, Sequoia Capital, Andreessen Horowitz, dan K2 Global sepakat untuk membeli saham OpenAI dalam tender offer, menetapkan nilai perusahaan sekitar $29 miliar.

Baca Juga: OpenAI Mengembangkan Agen AI yang Lebih Canggih dari ChatGPT, Bakal Seperti Apa?

Ambisi Besar di Bidang Chip

CEO OpenAI, Sam Altman, juga dilaporkan telah melakukan pembicaraan untuk mengumpulkan dana bagi usaha chip dan menjalin kemitraan antara perusahaan dengan “berbagai investor,” pembuat chip, dan penyedia energi.

Altman mengatakan OpenAI akan setuju untuk menjadi “pelanggan signifikan” dari pabrik-pabrik baru tersebut karena ia ingin meningkatkan kapasitas pembangunan chip dunia untuk mendorong alat-alat baru yang berhubungan dengan AI.

Pada bulan Desember 2023, dilaporkan bahwa OpenAI sedang dalam diskusi dengan investor yang mempertimbangkan untuk menginvestasikan lebih dari $100 miliar ke dalam perusahaan.

Baca Juga: OpenAI Luncurkan GPT Store, Tempat Baru Monetisasi Kreator AI!

Sora, Model AI Terbaru

Di tengah semua perkembangan ini, OpenAI terus berinovasi. Perusahaan baru-baru ini meluncurkan Sora, model text-to-video pertama mereka. Sora mampu membuat video terperinci dari perintah teks sederhana, melanjutkan video yang ada, dan bahkan menghasilkan adegan berdasarkan gambar diam.

Meskipun OpenAI mengakui bahwa model tersebut masih dalam tahap awal pengembangan dan memerlukan penyempurnaan lebih lanjut, pengenalannya menandai tonggak penting dalam bidang AI generatif.

Kesimpulan

OpenAI, perusahaan AI terkemuka, baru-baru ini mengalami peningkatan valuasi yang signifikan menjadi lebih dari $80 miliar. Perusahaan juga meluncurkan model text-to-video terbaru mereka, Sora, dan memiliki ambisi besar di bidang chip.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi