Berpotensi Saingi Stripe, OpenAI Mengejar Valuasi Senilai $86 Miliar!

Berpotensi Saingi Stripe, OpenAI Mengejar Valuasi Senilai $86 Miliar!

OpenAI, perusahaan yang berada di balik penciptaan ChatGPT, sedang dalam pembicaraan untuk menjual saham karyawan dengan valuasi mencapai Rp1.230 triliun. Dengan angka tersebut, OpenAI akan melompat melebihi Stripe dan pengecer online China, Shein, menjadi salah satu perusahaan swasta paling berharga di dunia. Simak berita lengkapnya berikut ini!

OpenAI Mengejar Valuasi $86 Miliar

OpenAI sedang berusaha menjual saham karyawan kepada investor dengan valuasi $86 miliar. Nilai perusahaan ini telah meningkat pesat sejak April, saat itu OpenAI dinilai seharga $29 miliar saat menggalang dana dari Microsoft dan Thrive Capital.

Penawaran tender ini akan memungkinkan pemegang saham mendapatkan keuntungan dari peningkatan valuasi perusahaan dan membantu OpenAI meningkatkan keunggulan kompetitifnya.

Sejak meluncurkan ChatGPT pada November 2022, OpenAI telah menambahkan beberapa fitur ke produk unggulannya. ChatGPT, chatbot yang dapat menghasilkan respons mirip manusia berdasarkan petunjuk pengguna, telah membantu popularitas AI meledak dan telah memicu kenaikan meteorik dalam valuasi OpenAI yang berbasis di San Francisco.

Baca Juga: AI World Fair di Decentraland: Masa Depan AI yang Menggemparkan Dunia!!

Perusahaan AI Menerima Miliaran untuk Kemajuan

grafik investasi ai
Grafik Investasi AI. Sumber: Statista

Amazon Web Services baru-baru ini setuju untuk berinvestasi hingga $4 miliar di Anthropic, menambahkan ke investasi $300 juta yang Google investasikan tahun lalu. Kemitraan ini kemungkinan akan melihat Anthropic menggunakan teknologi proprietary Amazon untuk menjalankan beban kerja AI-nya.

OpenAI sudah menjalankan beban kerja bahasa besar menggunakan pusat data Microsoft. Bard, AI milik Google, menggunakan Google Cloud Platform. Inflection, yang dipimpin oleh Mustafa Suleyman dari DeepMind, mengumpulkan $1,5 miliar dari Microsoft, pendiri LinkedIn Reid Hoffman, Bill Gates, Eric Schmidt, dan Nvidia pada bulan Juni.

Dengan valuasi yang ditargetkan, OpenAI akan berada di liga yang sama dengan SpaceX dan ByteDance, perusahaan induk TikTok.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: