Catat Tanggalnya, ChatGPT Resmi Hadir di Android!

Catat Tanggalnya, ChatGPT Resmi Hadir di Android!

OpenAI, perusahaan riset kecerdasan buatan (AI) terkemuka, baru-baru ini mengumumkan rencana peluncuran aplikasi ChatGPT untuk Android. Peluncuran ini merupakan kelanjutan dari rilis sukses mereka di platform iOS pada bulan Mei 2023. Kira-kira kapan ChatGPT untuk Android diluncurkan? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peluncuran ChatGPT di Android

peluncuran chatgpt di android
Sumber: Akun Twitter OpenAI

OpenAI mengungkapkan rencananya untuk meluncurkan versi Android dari chatbot AI populer, ChatGPT, dalam minggu mendatang. Namun, OpenAI tidak menyebutkan tanggal pastinya.

Perusahaan ini telah menyediakan halaman pra-pesan di Google Play Store, memungkinkan pengguna untuk mendaftar untuk instalasi begitu aplikasi siap.

Pengumuman ini mengikuti upaya OpenAI baru-baru ini untuk meningkatkan keamanan dan transparansi alat-alatnya dengan inisiatif seperti penanda content watermarking. Perusahaan ini telah berada di bawah pengawasan karena kekhawatiran tentang disinformasi yang dihasilkan oleh AI-nya.

Baca Juga: OpenAI ChatGPT Tambahkan Fitur Baru, Jadi Saingan Google Bard dan Microsoft Bing?

Fitur dan Keamanan ChatGPT di Android

Dilansir dari Cointelegraph, OpenAI menyoroti peningkatan fitur keamanan pada aplikasi Android dibandingkan dengan versi web. Aplikasi ini juga akan menawarkan fitur seperti sinkronisasi riwayat percakapan di berbagai perangkat, mirip dengan versi iOS.

Dengan memperkenalkan aplikasi Android dan iOS, OpenAI secara langsung bersaing dengan Bing Chat milik Microsoft, yang juga menggunakan teknologi GPT-4 dari OpenAI. Aplikasi ini merupakan cara alternatif untuk menguji model bahasa besar (LLMs) tanpa bergantung pada browser web.

Baca Juga: Tak Lagi Hanya di Web! ChatGPT Kini Tersedia di iOS, Android Segera!

Kompetisi di Dunia Chatbot AI

fitur chatgpt android

Peluncuran ini bertepatan dengan Google yang meluncurkan chatbot Bard di Uni Eropa dan Brasil. Kompetitor lain juga muncul, seperti Anthropic, dengan asisten Claude 2-nya, yang menawarkan fungsionalitas yang melampaui versi berbayar ChatGPT milik OpenAI.

Komunitas crypto secara luas telah menerima ChatGPT dan chatbot AI lainnya, dengan beberapa bahkan menggunakan teknologi ini untuk mengembangkan token baru.

Dengan peluncuran aplikasi ChatGPT untuk Android, OpenAI menunjukkan komitmen mereka untuk memperluas akses ke teknologi AI canggih ini. Meski masih ada tantangan yang harus dihadapi, langkah ini menunjukkan kemajuan penting dalam upaya OpenAI untuk membuat AI lebih mudah diakses dan digunakan oleh semua orang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: