OpenAI Luncurkan Tim Khusus untuk Meneliti Risiko AI bagi Umat Manusia

OpenAI Luncurkan Tim Khusus untuk Meneliti Risiko AI bagi Umat Manusia

OpenAI, perusahaan induk dari ChatGPT, baru-baru ini mengumumkan pembentukan tim khusus yang bertugas untuk mengevaluasi risiko yang ditimbulkan oleh model-model kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Tim Kesiapsiagaan OpenAI

OpenAI melalui postingan blognya, mengumumkan peluncuran Tim Kesiapsiagaan. Tim ini akan bekerja di bawah kepemimpinan Aleksander Madry, direktur Pusat Pembelajaran Mesin yang Dapat Diterapkan dari Institut Teknologi Massachusetts.

Baca Juga: Ingin Lepas dari Microsoft, OpenAI Berencana Membuat Chip AI Sendiri!

Tim ini memiliki tugas penting untuk mengelola dan meminimalisir risiko yang mungkin ditimbulkan oleh AI. AI generatif, seperti ChatGPT, memiliki potensi untuk menimbulkan risiko, seperti penyebaran informasi palsu dan rumor.

Hal ini menjadi perhatian serius bagi banyak profesional di bidang ini. Tim Kesiapsiagaan OpenAI akan berfokus pada pengelolaan risiko-risiko tersebut.

AI Frontier dan Keprihatinan Global

dalle 3 openai

Pemerintah Inggris mendefinisikan AI Frontier sebagai model AI serbaguna yang sangat mampu yang dapat melakukan berbagai macam tugas dan mencocokkan atau melampaui kemampuan yang ada di model-model paling canggih saat ini.

OpenAI melihat pembentukan tim ini sebagai kontribusi mereka untuk mendukung upaya global dalam menghadapi risiko AI. Pada bulan Juli, pemimpin AI seperti OpenAI, Meta, Google, dan lainnya berkomitmen untuk menjaga keamanan dan transparansi dalam pengembangan AI di Gedung Putih.

Namun, Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, mengungkapkan kekhawatirannya bahwa umat manusia bisa kehilangan kendali penuh atas AI.

Paragraf Penutup

Dengan adanya Tim Kesiapsiagaan ini, OpenAI berharap dapat lebih proaktif dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko yang mungkin ditimbulkan oleh AI. Ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa perkembangan AI dapat berjalan dengan aman dan bertanggung jawab.

Baca Juga: OpenAI Siap Rilis Model AI Open Source Baru, Bakal Seperti Apa?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi