OpenAI Luncurkan GPTBot: Langkah Baru Menuju Generasi AI Selanjutnya dengan GPT-5!

OpenAI Luncurkan GPTBot: Langkah Baru Menuju Generasi AI Selanjutnya dengan GPT-5!

OpenAI, perusahaan kecerdasan buatan terkemuka, telah meluncurkan GPTBot, sebuah alat web crawling yang bertujuan untuk memperluas dataset pelatihan untuk sistem AI generasi berikutnya. Peluncuran ini datang setelah perusahaan mendaftarkan merek dagang untuk “GPT-5”, memberikan petunjuk tentang rilis generasi AI yang akan datang. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Fungsi dan Batasan GPTBot

fungsi gptbot
Sumber: Akun Twitter Shubham Saboo

Menurut Decrypt, GPTBot dirancang untuk mengumpulkan data yang tersedia untuk umum dari situs web di seluruh internet. Namun, OpenAI menegaskan bahwa bot ini akan menghindari konten berbayar, konten sensitif, dan konten yang dilarang.

Meskipun bot ini akan mengumpulkan informasi secara default, pemilik situs web dapat mencegah GPTBot mengakses situs mereka dengan menambahkan perintah “disallow” ke file standar di server mereka.

Baca Juga: Penerbit Game Dungeons & Dragons Hadapi Gelombang Kontroversi dengan Seni Berbasis AI!

Kontroversi dan Kritik Terhadap OpenAI

Dilansir dari Decrypt, OpenAI telah menghadapi kritik karena taktik pengumpulan data sebelumnya, terutama terkait dengan isu hak cipta dan persetujuan. Beberapa pengamat menilai pendekatan “opt-out” yang diterapkan oleh OpenAI masih menimbulkan masalah persetujuan.

Meskipun OpenAI telah memperbarui kebijakan privasinya untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, peluncuran GPTBot mungkin menimbulkan pertanyaan lebih lanjut tentang etika dan transparansi.

Baca Juga: Inovasi Universitas Texas, Headset VR Terbaru yang Bisa Ukur Aktivitas Otak!

Masa Depan GPT-5 dan Tantangan Etika

Aplikasi merek dagang baru-baru ini untuk GPT-5 mengkonfirmasi bahwa OpenAI sedang mempersiapkan peluncuran model AI generasi berikutnya. Model baru ini kemungkinan akan melibatkan web scraping skala besar untuk memperbarui dan memperluas data pelatihannya.

Meskipun OpenAI memimpin dalam ruang AI yang sangat kompetitif, pertanyaan etika tentang pengumpulan data internet terus muncul. Seiring dengan pertumbuhan sistem AI yang semakin canggih, menyeimbangkan transparansi, etika, dan kemampuan akan menjadi tantangan yang kompleks.

OpenAI terus berinovasi dalam ruang AI dengan peluncuran GPTBot dan potensi rilis GPT-5. Namun, dengan inovasi datang tanggung jawab untuk memastikan bahwa teknologi dikembangkan dengan cara yang etis dan transparan. Seiring dengan kemajuan teknologi, penting bagi perusahaan seperti OpenAI untuk mempertimbangkan dampak sosial dan etika dari tindakan mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: